Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Paparan Langkah-langkah Memproduksi Teks Iklan



 Jika ingin menghasilkan iklan yang menarik, Sangat perlu memperhatikan langkah-langkah penting dalam memproduksinya, terutama dalam menulis teks iklan. Teks iklan tetap diperlukan walaupun ditampilkan dalam media elektrelektronik, misalnya televisi yang dapat dilihat dengan mudah karena audio-visual.

Penulisan teks iklan yang baik akan memudahkan pembuat iklan dalam menyampaikan berbagai informasi penting tentang produk yang akan diiklankan. Ada beberapa langkah dalam penulisan teks iklan yang perlu kalian perhatikan dengan baik, yaitu sebagai berikut.


1. Menentukan Tema
Tema iklan dapat ditentukan dengan jenis barang atau jasa yang akan diiklankan. Tema dapat dimulai dengan keunggulan barang yang akan diiklankan. Misalnya barang yang akan diiklankan adalah barang elektronik berupa televisi. Kalian pasti perlu menentukan hal yang membedakan televisi tersebut dari televisi lainnya. Penampilan iklan pun harus jauh lebih menarik dan harus lebih unggul dari iklan yang sudah ada. Tidak hanya sebatas informasi saja, iklan pun menjadi cara untuk mempromosikan barang tertentu kepada konsumen dan menarik hati konsumen untuk dapat membeli barang tersebut.

2. Mengumpulkan Bahan
Bahan yang diperlukan untuk membuat iklan tentu yang berhubungan dengan barang atau jasa yang akan diiklankan. Sebagai contoh, jika kalian akan mengiklankan sepeda motor, maka kalian memperlukan informasi tentang merek, penampilan (body), teknologi mesin, dan kapasitas mesin, serta irit dalam penggunaan bahan bakar jika dibandingkan dengan sepeda motor merek lainnya

3. Menyusun Kerangka
Sebelum menyusun kerangka, kalian perlu menentukan media iklan yang akan digunakan. Media tersebut adalah media cetak dan media elektronik. Jika penentukan media sudah dilakukan, maka kalian perlu memperhatikan jenis iklan yang dibuat. Jenis iklan dapat berupa iklan baris atau bentuk ragaan. Setiap jenis iklan dan pemilihan media mempengaruhi penggunaan bahasa dan strukturnya.

Misalnya, kalian akan menyusun kerangka untuk jenis iklan ragaan yang merupakan iklan cetak dalam ukuran besar yang memperhatikan penggunaan ilustrasi gambar dan huruf besar. Salah satu jenis iklan ini disusun oleh teks yang meliputi judul, subjudul, dan isi. Lebih jelasnya, coba perhatikan contoh berikut ini.


4. Mengembangkan kerangka
Kerangka teks untuk penulisan iklan yang telah kalian buat dapat dikembangkan dan menjadi teks iklan yang padu. Kalian juga tetap perlu memperhatikan susunan kerangka yang sudah kalian buat sebelumnya dalam penulisan teks iklan. Hal itu perlu dilakukan agar informasi yang ditulis tidak kurang dan terlalu berlebihan yang akhirnya tidak menarik hati konsumen.

Berikut adalah contoh teks iklan.

Sakura Paper Company merupakan perusahaan terkini yang bergerak di bidang industri kertas. Hanya menghasilkan produk yang berkualitas dan diolah oleh para teknisi profesional yang terbaik. Saat ini kami membuka kesempatan bagi Anda untuk bergabung dan menjadi bagian Sakura Paper Company untuk posisi technical Machine.

Kualifikasi yang harus terpenuhi di antaranya:

1) Pria maksimal usia 30 tahun.

2) Pendidikan S1 jurusan teknik mesin.

3) Memiliki pengalaman kerja sekurang-kurangnya 2 tahun (lebih diutamakan).

4) Mampu berkomunikasi dengan baik dan bekerja dalam tim.

5) Melampirkan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan.

6) Memiliki motivasi yang tinggi untuk memberi dedikasi terbaik bagi perusahaan.


Lengkapi persyaratan yang Anda butuhkan dan kirim lamaran ke hrdsakura@yuhuu.com dengan subject email “Lamaran Kerja.”

Post a Comment for "Paparan Langkah-langkah Memproduksi Teks Iklan"