Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jurnal Renungan Harian (Alkitab)

SERUAN BERTOBAT OLEH YOHANES PEMBATIS

    TEMA : BERTOBAT ATAU MENGUBAH PERILAKU MENJADI BAIK
Mat 3 : 2-3
"Bertobatlah, sebab kerajaan Sorga sudah dekat!" Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan oleh nabi Yesaya ketika ia berkata: "Ada suara yang berseru-seru dipadang gurun: persiapkanlah jalan Tuhan, luruskanlah jalan bagiNya



Seruan Yohannes Pembabtis dalam firman itu menjadi titik balik bagi kita untuk menyadari lebih cepat akan dosa yang sudah kita perbuat. Memang ketika kita dengar ataupun ucapkan kata bertobat bukanlah segampang apa yang kita ucapkan itu, tetapi bagaimana kita mengaplikasikannya kedalam hidup kita sehari-hari. Persoalan yang terjadi khususnya bagi saya atau mungkin saudara yang tidak sengaja membaca jurnal harian ini pun merasakan bagaimana kita niat untuk bertobat, melupakan segala nikmat duniawin yang sudah menjadi bagian dari hidup kita selalu gagal dalam proses pelaksanaanya. Misalnya ketika kita minum minuman beralkohol, seketika kita menyesali apa yang sudah kita lakukan karena mungkin tiba-tiba kepala pusing, atau uang kita tiba-tiba habis padahal besok harus beli makanan atau bahan makan untuk hari esoknya. Lalu kita berbicara dalam hati "wah, udah nggak bener ini, gw mesti tobat". Eh 1 (satu) minggu kemudian karena diajak teman, dan sangat sungkan untuk menolak. akhirnya minum lagi. Ya begitulah seterusnya.
Saya pun sewaktu menulis ini terjadi konflik batin yang luar biasa, dimana ketika saya hendak menulis jurnal harian ini, batin saya berkata: "alahhhh, kok berasa gw pencitraan ya".  cukup lama saya merenung dan berdebat dalam hati untuk memulai ini. apalagi saya jarang yang namanya ke Gereja. mana ngerti baca Alkita. Hingga pada akhirnya saya pun memutuskan untuk mencoba melakukan sesuatu yang baru, cara yang baru dihidup saya, dengan tujuan setidaknya yang gw lakuin bukan kejahatan. bukan nipu orang, bukan ngerampok. kalaulah setelah saya menulis  jurnal ini yang dimulai dari membaca Alkitab kemudian esok hari saya melakukan dosa lagi, Yang saya tanam dalam benak saya adalah setidaknya saya mencoba untuk menjadi orang baik, setidaknya saya mencoba untuk mempelajari kebaikan lewat Alkitab, syukur-syukur perilaku saya juga akan menjadi jauh lebih baik.
        Lalu kenapa saya harus menulis ini kedalam blog, harapan saya supaya ketika orang tidak sengaja membaca, Puji Tuhan cerita saya bisa mempengaruhi untuk kebaikan. Dan cerita tobat saya dimulai dari mencoba mengenal Tuhan, dan hal baikNya lewat alkitab, dan saya kaitkan isi firman itu kedalam kehidupan saya sehari-hari. Semoga hari esok pertobatan saya sudah melampaui dosa yang sudah pernah saya lakukan, sehingga dosa saya layak untuk diampuni.

#maridiskusidikolomchat.apa yang kalian rasakan?

Post a Comment for "Jurnal Renungan Harian (Alkitab)"