Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

INI BAHASA KASIH YANG PERLU ANDA KETAHUI

Pernahkan anda merasa setiap apa yang anda sudah perbuat terhadap pasangan anda, terhadap anak-anak anda, terhadap orang tua, ataupun terhadap saudara yang anda kasihi, terasa sia-sia dan tidak bermakna. Anda merasa apa yang anda sudah perbuat masih belum membuat mereka itu bahagia, sedangkan niat anda ingin membahagiakan orang lain bukan?
Nah, khusunya anda yang sedang berhubungan asmara dengan pasangan anda, penting sekali memahami cara mengungkapkan perasaan anda dan membuat pasangan anda senang dan bahagia bersama anda. Cara tersebut oleh Dr. Gary Chapman dibagi menjadi 5 kategori. Kelima kategori tersebut disebut BAHASA KASIH.

Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul "The Five Love Language"  menyebut 5 kategori bahasa kasih yaitu, Kata-kata cinta, waktu, Hadiah, Melayani/Pelayan, Sentuhan Fisik.

Sangat penting bagi seseorang untuk memahami tipe-tipe pasangan. Tipe pasangan ini nantinya akan diselimuti dengan bahasa kasih yang cocok yang mana kita akhirnya tepat dalam memberikan kasih sayang. Oleh karena itu, terlebih dahulu marilah kita ulas bersama ke-lima bahasa kasih berikut.

1. Kata-kata Cinta (words of Affirmation)
Yang pertama ini adalah orang yang senang ketika mendapatkan ungkapan-ungkapan cinta. Biasanya kategori yang senang dengan hal ini mereka yang berjenis kelamin perempuan, karena perempuan sangat senang dipuji, dipuja, dinyanyikan lagu, mendapat puisi dari pasangannya. Maka mulailah berikan pujian-pujian dari hal kecil seperti, 
a. Kamu cantik sekali
b. Masakanmu bikin betah
c. Aku cinta sekali sama dirimu
d. Aku sayang kamu
e. Kamu sangat cekatan, dll.

2. Waktu yang berkualitas

Seseorang dengan kategori ini sangat menghargai dan mendambakan waktu yang berkualitas, yang intim bersama dengan pasangannya. Biasanya orang seperti ini lebih senang berduaan dengan pasangannya dibanding menerima hadiah dari pasangannya, atau dibanding menghadiri acara party/pesta besar bersama dengan temannya. Tanda-tanda orang seperti ini adalah dia cenderung fokus terhadap pasangannya dari pada harus sibuk memainkan gawai/ponselnya.
Tipe orang seperti ini sangat menghargai waktu bersama pasangan atau keluarga dibanding bersama dengan teman-temannya.

3. Menerima Hadiah 

Tipe orang seperti ini sangat senang apabila mendapat hadiah dari pasangannya, memberikan sesuatu kepadanya. Hanya saja, hal seperti ini tidak perlu dibesar-besarkan atau dianggap orang yang matre. Karena hadiah dimaksud tidam harus berharga mahal, tetapi bisa saja sesuatu hal yang dibentuk atau dibuat sendiri oleh pasangan. Orang seperti ini adalah orang yang senang sesuatu hal yang kelihatan.

4. Melayani/Pelayan 

Orang seperti ini sangat mendambakan pengertian dari pasangannya. Senang apabila dibantu, senang apabila dibuatkan teh, senang apabila dipijit. Kadang bantuan itu tidak harus yang susah atau berat, melainkan  dapat diwujudkan dengan membantu wanita saat menyuci, membantu wanita saat menjemur, membantu wanita saat merawat anak, dll. Hal tersebut sangat membangun keintiman pasangan.

5. Sentuhan Fisik (Physical Touch)

Kategori ini adalah orang yang memaknai cinta dengan sebuah sentuhan, melalui sentuhan sebagai cara menyampaikan bentuk kasih sayang kepada pasangannya.
Hal yang sangat umum kita lihat untuk kategori ini adalah orang yang sangat senang apabila menggandeng tangan pasangannya, senang mengelus kepala pasangannya, ada juga yang senang mencium pasangannya seperti seorang orang tua mencium seorang bayi.
Ada juga orang yang senang dipeluk, ditepuk pundaknya dll. 

Psikolog Klinis, Denrich Suryadi, M. Psi. Mengatakan bawah, perlu memahami tipe/kategori pasangan kita agar ketika memberikan ungkapan kasih sayang menjadi tepat, dan hubungan semakin kuat dan makin intim.  "Jika pasanganmu senang rayuan romantis berarti sesekali anda harus menyenangkan hatinya dengan bahasa cinta."
Artis Franda mengakui bahwa dia dan suaminya memiliki bahasa kasih yang sama yaitu, waktu dan sentuhan fisik.
Dituturkan oleh Franda, "Kenapa perlu waktu yang berkualitas, kalau enggak ketemu, ada aja yang diberantamin. Tapi kalau sudah ketemu semuanya menjadi baik-baik saja. Padahal enggak ngapain, tidak ada yang dikerjakan, hanya nonton bersama sudah. Intinya asal ada dia, hidup sudah tenang", sambungnya.


Post a Comment for "INI BAHASA KASIH YANG PERLU ANDA KETAHUI"