Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PREDIKSI UJIAN SEKOLAH (US) BAHASA INDONESIA KELAS XII (SEMUA JURUSAN)

 


 


A.          PILIHAN GANDA

Pilihlah jawaban yang tepat.

1.           Cermati teks berikut!

Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay alias Nono berusia 7 tahun, meraih juara pertama kompetisi sempoa dunia International Abacus World Competition 2022. Bocah asal Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), bersama ibunya Nuryati Ussanak Seran, baru-baru ini diundang ke Jakarta untuk menghadiri sejumlah kegiatan. Nono yang merupakan murid salah satu sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berkunjung ke Menara Astra untuk bertemu manajemen dan bermain bersama. Nono mendapatkan piala, sertifikat, dan hadiah uang tunai sebesar 200 Dollar AS. Penghargaan itu diserahkan oleh Juli Agustar Djonli selaku Founder Abacus Brain GYM (ABG) Amerika Serikat.

Gagasan pokok teks tersebut adalah . . .

A.       Nono adalah Bocah asal Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

B.       Nono meraih juara pertama kompetisi sempoa dunia International Abacus World Competition 2022.

C.       Nono merupakan murid salah satu sekolah binaan Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR).

D.       Nono mendapatkan piala, sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar 200 Dollar AS.

E.       Nano diberi penghargaan oleh Juli Agustar Djonli selaku Founder Abacus Brain GYM (ABG) Amerika Serikat.

 

2.           Cermati teks berikut!

Komisi B DPRD DKI Jakarta memastikan, fasilitas LRT Jakarta dari Velodrome di Jakarta Timur ke Manggarai di Jakarta Selatan akan mempermudah mobilitas warga. Perubahan dari semula Velodrome ke Klender berlanjut ke Halim Perdanakusumah, menjadi ke Manggarai, adalah demi integrasi dengan moda angkutan umum lain, dan volume keterisian moda yang lebih banyak.

Simpulan teks tersebut adalah . . .

A.       Perubahan moda Fasilitas LRT dari Velodrome ke Manggarai dipastikan akan mempermudah mobilitas warga Jakarta.

B.       Fasilitas LRT dari Velodrome ke klender dipastikan akan mempermudah keterisian moda yang lebih banyak.

C.       Perubahan dari semula Velodrome ke Manggarai akan mempermudah keterisian moda yang lebih banyak.

D.       Moda Fasilitas LRT Velodrome ke Klender akan demi integrasi dengan moda angkutan umum lain.

E.       Moda LRT untuk integrasi dengan moda angkutan umum lain dan volume keterisian moda yang lebih banyak.

 

3.           Perhatikan teks berikut!

Konten di jagat media sosial (medsos) seolah kian tak terkontrol. Belakangan ini, kita dikagetkan dengan sederet tayangan di medsos yang jauh dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Ada yang memperlihatkan sensualitas, hoaks, tipu muslihat, hedonisme, nekat, aksi sembrono hingga bertaruh nyawa seperti menghadang truk yang tengah melaju kencang. Bahkan yang terakhir, para pegiat medsos ini sengaja menyebarkan dengan konten bernuansa eksploitatif dan membahayakan. Ini seperti terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB), nenek-nenek dieksploitasi lewat adegan mandi lumpur (mud bath). Tayangan yang memanfaatkan platform TikTok ini dilakukan secara live streaming atau langsung. Lantaran hasilnya menggiurkan dan saling menguntungkan, maka aksi ini seperti menjadi tren. Situasi ini tentu tidak boleh dianggap aman-aman saja. Sebab efek medsos sangat luar biasa.

Makna istilah hoaks adalah . . . .

A.       kabar tidak pasti

B.       opini publik

C.       data tidak sesuai

D.       informasi bohong

E.       berita benar

 

4.           Cermati teks berikut!

(1)      Pejalan kaki sebenarnya sudah mulai mendapat perhatian dari pemerintah. (2) Salah satunya, dengan ditetapkannya tanggal 22 Januari sebagai Hari Pejalan Kaki Nasional. (3) Namun, dalam kenyataannya nasib para pejalan kaki masih ‘’kalah’’ bahkan tersisih dari dominasi kendaraan baik roda dua maupun roda empat. (4) Kesadaran masyarakat untuk menghargai hak para pejalan kaki harus terus digaungkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan mereka. (5) Penetapan 22 Januari sebagai hari pejalan kaki nasional mengandung makna mendalam. (6) Sebuah tragedi kecelakaan yang menewaskan sembilan orang pejalan kaki di dekat Kawasan Tugu Tani, Jakarta Pusat, pada 22 Januari 2012 menjadi awal mula ditetapkannya tanggal tersebut sebagai hari pejalan kaki nasional.

Inti kalimat komplek pada kalimat nomor (3) adalah . . . .

A.     Pejalan kaki dapat perhatian

B.     Nasib pejalan kaki kalah

C.     Kenyataannya roda empat mendominasi

D.     Dominasi kendaraan roda dua

E.     Pejalan kaki  dan kendaraan roda dua

 

5.           Perhatiakan teks berikut!

Membangun kesadaran para orang tua, terutama keluarga muda, untuk memberi perhatian penuh pada pemenuhan gizi demi tumbung kembang anak yang sehat harus mendapat penekanan. Hal ini karena merekalah ujung tombak sejatinya yang yang bisa mewujudkan generasi muda sehat. Salah satu kesadaran yang sangat dibutuhkan adalah selalu menyediakan asupan gizi untuk balita. Berdasarkan penelitian yang dirangkum oleh Kemenkes, keterkaitan stunting dengan protein hewani sangat tinggi. Penekanan pentingnya protein hewani untuk mencegah stunting dianggap strategis karena dinilai lebih terjangkau secara harga oleh masyarakat dan mudah didapatkan. Kemenkes merekomendasikan asupan protein dalam seharinya bisa mencapai sebanyak 62 gram. Bila kesadaran tersebut bisa muncul, maka target Generasi Emas 2024 bukan sekadar khayalan.

Tanggapan logis teks tersebut adalah . . .

A.     Pentingnya protein hewani untuk mencegah stunting dianggap strategis karena dinilai lebih terjangkau secara harga.

B.     Kemenkes merekomendasikan asupan protein dalam seharinya bisa mencapai sebanyak 62 gram.

C.     Salah satu kesadaran yang sangat dibutuhkan adalah selalu menyediakan asupan gizi untuk balita.

D.     Bila kesadaran tersebut bisa muncul, maka target Generasi Emas 2024 bukan sekadar khayalan.

E.     Upaya Kemenkes untuk pemenuhan gizi tumbuh kembang anak perlu didukung para orang tua agar generasi muda yang sehat dapat terwujud.

 

6.           Cermati teks berikut!

(1)      Piala Dunia 2022 baru seja selesai. (2) Namun ada banyak pernik yang menarik dari kegiatan itu. (3) Bukan dari sisi olahraganya saja tetapi juga sisi lain Qatar sebagai tuan rumah. (4) Keramahan mereka terlihat saat berinteraksi sosial dengan para pendukung masing-masing tim yang datang ke sana. (5) Warga lokal Qatar pria dan wanita, tua-muda dan bahkan anak-anak berlomba-lomba membagikan berbagai makanan, minuman, dan buah yang dimilikinya kepada ribuan penonton tanpa memandang suku, ras, agama, dan asal negara yang ditemuinya. (6) Bukan hanya kelompok suporter, pelatih timnas Brazil, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite juga merasakan kehangatan dan keramahan warga Qatar. (7) Jadi, melalui olahraga Qatar memberikan hal-hal indah yang luar biasa, terutama dari yang paling kecil dan juga memberikan pelajaran hidup yang sangat bermakna.

Kalimat simpulan teks tersebut terdapat pada nomor . . . .

A.       (1)

B.       (3)

C.      (5)

D.      (6)

E.       (7)

 

 

7.                Cermari teks berikut!

(1)      Berbagai opsi kebijakan untuk mengatasi sampah plastik harus terus dicari. (2) Selain cukai, pembatasan kantong plastik di supermarket/minimarket, juga harus ada dukungan lain bagi mereka yang berhasil mengelola sampah plastik untuk didaur ulang. (3) Wacana plastic credit salah satunya. (4) Wacana ini sempat mengemukan pada sebuah diskusi terbatas di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beberapa waktu lalu. (5)  Ide yang muncul yakni berupa pemberian kredit tertentu kepada mereka yang berhasil mendaur ulang plastik untuk kemudian dimanfaatkan kembali.

Maksud kalimat nomor 5 pada teks tersebut adalah . . .

A.     Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan akan membatasi penggunaan kantong plastik di supermarket/minimarket untuk mengurangi sampah.

B.     Harus ada dukungan lain bagi mereka yang berhasil mengelola sampah plastik untuk didaur ulang.

C.     Plastic credit adalah upaya Kementerian Lingkungan Hidup untuk memproduksi sampah palstik yang dihasilkan supermarket dan minimarket.

D.     Kementrian lingkungan hidup dan kehutanan memberikan Ide pemberian kredit kepada masyarakat yang berhasil mendaur ulang sampah dan memanfaatkannya kembali.

E.     Upaya mengatasi sampah plastik masih dicari oleh kementrian lingkungan hidup dan kehutanan.

 

8.               Perhatikan teks berikut!

(1)  Jalur penyeberangan Lumajang-Malang melalui Sungai Curah Kobokan kini sudah bisa dilalui oleh kendaraan. (2) Sebelumnya, usai erupsi Gunung Semeru dengan luncuran APG sejauh 6 kilometer pada 12.42 WIB, hujan abu mengguyur sejumlah daerah di Lumajang. (3) Akibat APG yang terpantau dengan tinggi kolom abu 1.500 meter di atas puncak Semeru, ada 2 kecamatan di Lumajang yang terdampak hujan abu. (4) Berdasarkan informasi dari BPBD Lumajang hujan abu vulkanik terjadi di sejumlah desa yang ada di 2 kecamatan di lereng Gunung Semeru. (5) Yakni Kecamatan Senduro dan Kecamatan Gucialit.

Hubungan kausal pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .

A.     (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.     (4)

E.     (5)

 

9.               Perhatikan teks berikut!

Catatan sejarah menunjukkan bahwa Belanda pada awal abad ke-19 membuat olykoeks, atau diartikan sebagai "kue minyak,". Kue semacam roti goreng ini biasanya diisi dengan buah, kacang, atau isian lain yang tidak perlu dimasak. Kismis adalah paduan yang sering digunakan sebagai isian. Perubahan bentuk olykoeks yang berbentuk bulat menjadi memiliki lubang pada bagian tengahnya adalah berkat Hansen Gregory, seorang kapten kapal Amerika pada tahun 1847. Dia membuat solusi dari olykoeks yang lengkat karena isian dan terkadang tidak matang pada bagian tengahnya dengan membuat lubang di tengah pada adonan sebelum digoreng. Lubang ini juga meningkatkan area permukaan yang terkena minyak panas sehingga mengindari bagian tengah masih mentah. Di mana lubang ini terinspirasi dari kemudi kapal. Jadilah bentuk donat klasik dengan lubang di tengah yang kita kenal sampai sekarang.

Ringkasan teks tersebut adalah . . .

A.     Catatan sejarah menunjukkan bahwa Belanda pada awal abad ke-19 membuat olykoeks, atau diartikan sebagai "kue minyak,". Kue semacam roti goreng ini biasanya diisi dengan buah, kacang, atau isian lain yang tidak perlu dimasak.

B.     Perubahan bentuk olykoeks yang berbentuk bulat menjadi memiliki lubang pada bagian tengahnya adalah berkat Hansen Gregory, seorang kapten kapal Amerika pada tahun 1847.

C.     Asal usul kue donat berasal dari kue olykoeks Belanda yang diberi lubang di tengah pada adonan sebelum digoreng oleh Hansen Gregory, seorang kapten kapal Amerika pada tahun 1847 sebagai solusi agar kue matang pada bagian tengah.

D.     Kue semacam roti goreng ini diberi lubang untuk meningkatkan area permukaan yang terkena minyak panas sehingga mengindari bagian tengah yang lengket dan masih mentah.

E.     Olykoeks kue semacam roti goreng ini biasanya diisi dengan buah, kacang, atau isian lain yang tidak perlu dimasak. Kismis adalah paduan yang sering digunakan sebagai isian.

 

10.            Cermati kutipan cerpen berikut!

(1)  Haji Saleh itu tersenyum-senyum saja, karena ia sudah begitu yakin akan di masukkan ke dalam surga. (2) Kedua tangannya ditopangkan di pinggang sambil membusungkan dada dan menekurkan kepala ke kuduk. (3) Ketika dilihatnya orang-orang yang masuk neraka, bibirnya menyunggingkan senyum ejekan. (4) Dan ketika ia melihat orang yang masuk ke surga, ia melambaikan tangannya, seolah hendak mengatakan “selamat ketemu nanti”. (5) Bagai tak habis-habisnya orang yang berantri begitu panjangnya. (6) Susut di muka, bertambah yang di belakang. (7) Dan Tuhan memeriksa dengan segala sifatNya.

Bukti latar tempat pada penggalan cerpen di atas ditunjukkan pada kalimat nomor . . . .

A.     (1), (3), (4)

B.     (1), (2), (4)

C.     (3), (4), (5)

D.     (4), (5), (6)

E.     (4), (6), (7)

 

11.            Cermati puisi berikut!

Jembatan Hidup

Pernah aku bangun jembatan

yang megah, yang menawan.

Tapi selalu rubuh, rubuh dan rubuh

oleh hembusan nafas yang keruh

dari semua

dan aku juga.

Kembali aku terbanting

jatuh ke kali yang kering.

Tapi besok, bila pagi datang

aku mulai lagi

yang lebih kokoh dirancang

bila rubuh, aku bangun lagi.

Meski seumur hidupku

aku mulai lagi dari awal selalu.

(Karya: A. A. Navis)

Amanat puisi tersebut adalah . . .

A.     Hidup itu penuh dengan kesulitan.

B.     Kita harus memanfatkan kesempatan yang ada.

C.     Kebahagian akan didapat jika kita mencarinya.

D.     Kita harus tetap semangat dan bangkit dari kegagalan.

E.     Seseorang yang selalu meratapi nasibnya.

 

12.            Cermati kutipan novel berikut!

Katakanlah wahai semua pencinta di dunia. Katakanlah ikrar cinta itu hanya karenaNya. Katakanlah semua kehidupan itu hanya karena Allah. Katakanlah semua getar-rasa itu hanya karena Allah. Semoga Allah yang Maha Mencinta, yang Menciptakan dunia dengan kasih-sayang mengajarkan kita tentang cinta sejati.

Semoga Allah memberikan kesempatan kepada kita untuk merasakan hakikatNya.

Semoga Allah sungguh memberikan kesempatan kepada kita untuk memandang wajahNya. Wajah yang akan membuat semua cinta dunia layu bagai kecambah yang tidak pernah tumbuh. Layu bagai api yang tak pernah panas membakar. Layu bagai sebongkah es yang tidak membeku.

Kalimat terakhir kutipan tersebut mengandung majas . . . .

A.       metafora

B.       simile

C.       paradoks

D.       personifikasi

E.       hiperbola

 

13.            Perhatikan kutipan novel berikut!

Lampu-lampu di sepanjang lorong sudah dimatikan, bersama delapan kali bunyi sirene, seperti biasanya. Gelap. Sebuah bola lampu yang tidak terlalu terang menyala di ujunglorong, di langit-langit atas meja tempat tujuh orang sipir duduk-duduk merokok dan melempar kartu. Tiap setengah jam, seorang dari mereka membawa lampu senter, menyusuri lorong hingga ke ujung yang lain.Tepat di depan sel kami, sel kedua puluh lima, menyeret di atas jeruji besi pentungan yang dibawanya. "Belum tidur?" seorang sipir, berperut bunci berkumis tebal, mengarahkan sinar lampu senter ke dalam sel kami, suaranya berat dan kasar, kebencian dan kebengisan tidak pernah hilang dari wajahnya.

Hubungan antar unsur intrinsik yang dominan dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .

A.     alur dan sudut pandang

B.     alur dan latar

C.     latar dan penokohan

D.     amanat dan penokohan

E.     latar dan amanat

 

14.            Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Rafa hanya tertunduk membisu. Ia tak berani menatap wajah Eriana. Tubuh tegapnya gemetar, pikirannya kacau.

“Kenapa kamu tidak jujur?” pertanyaan Eriana seperti hujan panah menusuk relung hatinya. Akhirnya pertanyaan yang ia takutkan selama ini terlontar dari mulut kekasihnya. Kalau saja ia tidak menuruti ajakan Jefri untuk ikut tawuran, kalau saja Dimas tidak menusukkan belati ke lengannya, maka ia tidak mendorong tubuh Dimas hingga terpental dan tak sengaja tertabrak truk. Peristiwa lima tahun silam yang berusaha ia kubur, kini harus terkuak lagi setelah ia tahu bahwa kasihnya adalah adik Dimas. “Kenapa kamu habisi, Abangku!!!”

Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut adalah . . . .

A.     Jefri ketika masih bersekolah dengan Rafa mengajak Rafa tawuran dan membuat Eriana marah .

B.     Eriana mengetahui bahwa seseorang yang membunuh Dimas adalah rafa dalam peristiwa tawuran.

C.     Dimas mengubur kenangan masa lalunya ketika semasa sekolah ia terlibat tawuran pelajar.

D.     Rafa hanya tertunduk membisu. Ia tak berani menatap wajah Eriana. Tubuh tegapnya gemetar, pikirannya kacau.

E.     Dimas menusukkan belati ke lengan Rafa kemudian membuatnya tertabrak truk dan terpental.

 

15.            Cermati kutipan cerpen berikut!

Wanita itu memandangi wajah anaknya yang bagai malaikat, dan dengan mata yang di kaburkan oleh kabut keharusan rasa, katanya, “Tirukan kata ibu, anakku. “Tuhan, kasihilah orang-orang miskin, dan lindungi mereka dari musim dingin; hangatkan tubuh mereka yang tipis busananya dengan usapan tangan iba kasih-Mu; lihatlah anak-anak yatim-piatu, yang tergolek tidur di pondoknya yang kumuh dalam keadaan lapar dan kedinginan tubuh. Dengarlah, oh Tuhan, ratapan para janda yang membutuhkan pertolongan, gemetar dalam kebimbangan apakah anaknya berhari depan. Bukalah, oh Tuhan, hati semua insan agar mereka peka melihat si lemah dalam penderitaan. Anugerahkan belas kasihMu pada para fakir, yang mengetuki pintu-pintu tertutup, tuntunlah musafir menjauhi marabahaya ke tempat hangat. Lindungilah, oh Tuhan burung-burung kecil yang kedinginan, pepohonan dan sawah-ladang dari amukan badai topan; sebab Engkaulah Maha Kasih dan Penyayang.

Nilai yang terkandung dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

A.     budaya

B.     moral

C.     hukum

D.     politik

E.     religi

 

16.           
Cermati puisi-puisi berikut!



 

 

 



Persamaan amanat kedua puisi tersebut adalah . . . .

A.     Bersyukurlah atas keindahan alam ciptaan Tuhan

B.     Kenangan yang indah akan selalu diingat

C.     Menceritakan kebahagian dalam menikmati alam

D.     Ketenangan malam membuat jiwa yang nyaman

E.     Abadikan momen indah tentang alam

 

17.            Cermati teks berikut!

Terbesit . . . seiring beberapa kabar terkait pembangunan infrastruktur transportasi publik terintegrasi di Jakarta dan sekitarnya. Setelah diputuskan dalam rapat kerja di Istana Negara, 3 November 2022, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tengah menuntaskan perizinan untuk pengerjaan LRT Jakarta Fase 1B Velodrome-Manggarai. Proyek LRT ini ditargetkan bisa dimulai pada kuartal I-2023.

Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat yang rumpang tersebut adalah . . . .

A.     eufimisme

B.     nepotisme

C.     optimisme

D.     idealisme

E.     komunisme

 

 

 

18.            Cermati teks pantun rumpang berikut!

Malam hari ombak menderu

Di telinga terdengar nyata

Terima kasihlah pada guru

………………………………

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut adalah . . . .

A.     Tak dapat berkata-kata

B.     Kamilah rakyat jelata

C.     Gemuruh angin mendayu

D.     Jasamu selaluku rindu

E.     Mereka sumber pengetahuan kita

 

19.            Cermati kutipan resensi film berikut!

(1)      Film “5 CM” karya Rizal Mantovani mengisahkan persahabatan yang penuh makna perjuangan, cinta dan ambisi serta tidak lekang oleh waktu. (2) Walaupun setiap pemeran memiliki karakter masing-masing namun mereka tetap memegang teguh semangat jiwa muda, dan kebersamaan dalam menjalani kehidupan. (4) Konflik yang disajikan pada film ini kurang mengena. (5) Anak-anak tidak disarankan untuk menonton film ini karena terdapat unsur percintaan. (6) Film ini mengandung pesan moral yaitu jiwa bersemangat dan pantang menyerah.

Kelemahan film pada kutipan resensi film tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .

A.     (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.     (4)

E.     (6)

 

20.            Perhatikan teks prosedur berikut!

Prosedur Pemasangan Set Top Box (STB) pada TV analog

(1)      Siapkan TV, STB, dan Remot TV.

(2)      Sambung kabel antena ke STB.

(3)      Kemudian kabel antenna terpasang ke STB, sambungkan kabel RCA (merah, kuning, putih) ke STB.

(4)      Setelah TV dan STB menyala, Pilihlah mode AV pada TV analog.

(5)      Nyalakan TV dan STB dengan remot.

(6)      Pilih menu "Pencarian Saluran", pilih "Pencarian Otomatis".

(7)      Setelah pencarian siaran selasai, pilih "Simpan" dan anda sudah siap menonton siaran TV digital.

Urutan prosedur yang sesuai adalah . .  .

A.     (1)-(2)-(3)-(4)-(5)-(6)-(7)

B.     (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(6)-(7)

C.     (5)-(2)-(3)-(4)-(1)-(6)-(7)

D.     (2)-(1)-(3)-(4)-(5)-(7)-(6)

E.     (1)-(2)-(3)-(5)-(4)-(7)-(6)

21.            Perhatikan teks berikut!

Pengusaha tahu dan tempe kita resah karena harga kedelai naik 2,94 persen secara bulanan dan 6,84 persen secara tahunan di pasar internasional. Kenaikan harga ini ditransfer ke dalam negeri dengan kenaikan lebih besar.

Sinonim kata “ditransfer adalah . . . .

A.     dipindahkan

B.     disesuaikan

C.     didapatkan

D.     diamankan

E.     dikelola

 

22.            Cermati kalimat berikut!

Selesai dari pembuatan sidik jari, Anda akan diberikan kartu rumus sidik jari.

Variasi kalimat yang semakna dengan kalimat kompleks tersebut adalah . . .

A.       Kartu rumus sidik jari akan memberi tahu sidik jari Anda.

B.       Pembuat sidik jari akan memberikan kartu rumus sidik jari.

C.       Anda akan menerima kartu rumus sidik jari setelah pembuatan sidik jari selesai.

D.       Setelah pembuatan sidik jari, Anda harus menyerahkan kartu rumus sidik jari kepada petugas.

E.       Setelah pembuatan sidik jari selesai, Anda harus menyerahkan kartu rumus sidik jari kepada petugas.

 

23.            Cermati kutipan karya ilmiah berikut!

(1)          Internet saat ini sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan remaja.

(2)          Memang internet cukup membantu dalam menyelesaikan banyak pekerjaan.

(3)          Akan tetapi ternyata internet pun tidak terlepas dari hal-hal negatif yang dapat berdampak buruk.

(4)          Apalagi usia remaja merupakan saat-saat labil sehingga masih sering terseret arus.

(5)          Untuk itu penelitian mengenai bahaya internet bagi remaja penting untuk dilakukan.

Urutan yang sesuai untuk kutipan karya ilmiah tersebut adalah . . . .

A.     (1)-(2)-(3)-(4)-(5)

B.     (1)-(2)-(3)-(5)-(4)

C.     (2)-(3)-(1)-(4)-(5)

D.     (2)-(1)-(3)-(4)-(5)

E.     (2)-(1)-(3)-(5)-(4)

 


 

24.            Perhatikan tabel berikut berikut!

Data Peminjaman Buku Perpustakan SMK Hang Tuah 1 Tahun 2022

No.

Kelas

September

Oktober

November

Desember

Fiksi

Nonfiksi

Fiksi

Nonfiksi

Fiksi

Nonfiksi

Fiksi

Nonfiksi

1.

X

82

60

80

65

93

74

78

57

2.

XI

87

57

78

63

87

52

65

54

3.

XII

76

62

66

55

60

58

51

44

Simpulan tabel tersebut adalah . . .

A.     Kelas XII lebih banyak meminjam buku di perpustakan dibanding kelas X dan XI.

B.     Siswa yang meminjam buku tiap bulannya selalu mengalami kenaikan yang signifikan.

C.     Siswa kelas X, XI dan XII lebih minat membaca buku nonfiksi dari pada buku fiksi.

D.     Peminjam buku fiksi lebih banyak daripada peminjam buku nonfiksi tiap bulannya.

E.     Siswa kelas XI bulan Oktober peminjam buku nonfiksi lebih sedikit dari pada buku fiksi.

 

25.            Perhatikan kutipan berikut!

(1)      Globalisasi yang mulai terasa sejak awal abad 20 memang sudah diperkirakan sedikit banyak memengaruhi kebudayaan. (2) Kebudayaan seperti perilaku seseorang akan sangat mudah sekali berubah saat terkena arus globalisasi. (3) Hal tersebut dikarenakan daripada mudahnya akses untuk mendapatkan informasi dari berbagai belahan dunia. (4) Sayangnya sebagai negara berkembang Indonesia selalu khawatir tertinggal dalam arus globalisasi pada berbagai bidang. (5) Ditambah lagi kebudayaan asli yang terus terkikis dan membuat Indonesia menjadi krisis budaya. (6) Sehingga bangsa Indonesia harus terus memperkokoh struktur nilainya agar tidak habis digerus budaya asing.

Kesalahan penggunakan kata terdapat pada kalimat nomor . . .

A.     (1) dan (2)

B.     (2) dan (3)

C.     (3) dan (4)

D.     (4) dan (5)

E.     (5) dan (6)

 

26.            Cermati teks berikut!

(1)      Keputusan negara-negara serumpun untuk bersama-sama mengajukan kebaya sebagai warisan tak benda ke UNESCO akan tetapi dimaknai sebagai upaya untuk bersama-sama menjaga kelestarian kebaya. (2) Kebudayaan tak mengenal batas teritori dan tidak bisa dicegah penyebarannya. (3) Melainkan pula halnya kebaya, bukan hanya berkembang di Indonesia. (4) Keputusan pemerintah Indonesia mengusulkan kebaya sebagai warisan tak benda ke UNESCO bersama dengan Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei Darussalam merupakan langkah tepat. (5) Selain lebih strategis dibandingkan jika memilih mekanisme single nomination, (6) keputusan ini hendaknya juga bisa mengakhiri silang pendapat soal sentimen kepemilikan tunggal terhadap kebaya.

Penggunaan konjungsi yang tidak tepat terdapat pada nomor . . .

A.     (1) dan (2)

B.     (1) dan (3)

C.     (3) dan (4)

D.     (4) dan (5)

E.     (5) dan (6)

 

27.            Cermati kutipan dua naskah drama berikut!

Naskah 1

Ketika sampai di pemukiman, Tere pun bergegas untuk mendekati kerumunan ibu-ibu yang sedang mencuci di pinggir sungai.

Tere :      "Assalamualaikum ibu-ibu"

Ibu-ibu    : "Waalaikumsalam Neng"

Tere        : "Bu, sesuai dengan apa yang sudah kita bicarakan kemarin, kali ini saya datang ke sini untuk mengajari anak-anak ibu belajar membaca dan menulis"

Yani        : "Alaa Mas Neng… mbok biar anak-anak kerja dulu cari rongsokan atau ngamen. Mereka juga harus makan, lumayan hasilnya bisa buat tambah beli makan mereka juga"

Tere        : "Ibu-ibu, anak-anak itu berhak untuk bisa menulis dan membaca"

Vina        : "Memangnya kalau bisa baca tulis bisa otomatis kenyang? nggak perlu kerja cari duit?

Shinta pun sontak terdiam sejenak, ia kaget dengan reaksi ibu-ibu di kampung tersebut.

Tere        : "Memang... dengan bisa membaca dan menulis tidak membuat anak merasa kenyang sekarang. Tapi dengan bisa baca tulis itu akan membuat anak-anak ibu bisa memiliki kehidupan yang lebih layak dan baik dari kehidupan ibu-ibu sekarang. Mosok ibu-ibu mau anaknya jadi pemulung dan pengemis juga nanti kalau sudah besar? Tidak kan?”

 

Naskah 2

Pada suatu hari ketika Sahra, Revanda dan Carla sedang bertemu, Carla mendapat teguran dari kedua temannya lantaran sikapnya masih saja seperti anak kecil.

Sahra      : "Apa sih yang harus kita lakukan supaya keinginan kita itu nantinya bisa terealisasi dan tidak hanya sekedar mimpi saja?” (sambil melirik ke arah Rira)

Revanda : "Ya tentunya harus banyak sekali yang harus kamu lakukan! Sederhananya, misalkan dari sekarang, kamu harus mulai menata kehidupan dan kepribadian kamu lebih dewasa lagi!"

Jawaban Revanda sejatinya ditunjukan kepada Carla. Pasalnya, sebagai sahabat ia ingin membuat sahabatnya bersikap lebih baik lagi dan sama-sama belajar untuk memahami dan menghormati karakter masing-masing, agar pertemanan tetap terjalin.

Perbedaan karakter tokoh Tere pada naskah 1 dan tokoh Carla pada naskah 2 adalah ....  

A.     Tere memiliki sikap dewasa dan Carla pendiam

B.     Tere memiliki sikap dermawan dan Carla pelit

C.     Tere memiliki sikap bijaksana dan Carla dengki

D.     Tere memiliki sikap ceria dan Carla pendiam

E.     Tere memiliki sikap dewasa dan Carla kekanak-kanakan

 


 

28.            Perhatikan teks berikut!

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hari Pers Nasional atau HPN . . . masyarakat pers. Tahun 2023, perayaan HPN di Medan dihadiri Presiden Joko Widodo. Selain membahas isu kontemporer di industri media, seperti disrupsi digital yang . . .  perubahan besar industri pers, konvergensi media, pengaruh artificial inteligent (AI), dan dunia jurnalisme, ajang HPN seperti menjadi arena reuni bagi komunitas pers, termasuk sejumlah pengusaha dan politisi.

Kata bentukan yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang adalah . . .

A.     membawa, diperingati

B.     dibawa, diperingati

C.     diperingati, membawa

D.     memperingati, membawa

E.     diperingati, dibawa

 

29.            Perhatikan kalimat berikut!

Sekolah kami lulusannya berkualitas dan mudah bekerja.

Perbaikan untuk kalimat tidak logis tersebut adalah . . .

A.     Lulusan sekolah kami berkualitas dan mudah bekerja.

B.     Sekolah yang lulusannya sekolah kami berkualitas dan mudah bekerja.

C.     Berkualitas dan mudah bekerja sekolah kami lulusannya.

D.     Sekolah lulusannya kami berkualitas dan mudah bekerja.

E.     Sekolah yang lulusannya kami berkualitas dan mudah bekerja.

 

30.            Cermati kalimat berikut!

Sharen membeli berbagai sayur-mayur dipasar tradisional.

Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut adalah . . .

A.     Sharen membeli berbagai sayur mayur di pasar tradisional.

B.     Sharen membeli sayur mayur di pasar tradisional.

C.     Sharen membeli sayur-mayur di pasar tradisional.

D.     Sharen membeli berbagai sayur mayur dipasar tradisional.

E.     Sharen membeli sayur-mayur dipasar tradisional.

 

31.            Cermati kutipan berikut!

Sebagai bahasa nasional, Bahasa Indonesia menjadi identitas masyarakat Indonesia. Namun, pada prakteknya Bahasa Indonesia belum digunakan secara baik dan benar. Maka dari itu, pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sangat penting untuk diterapkan.

Kata tidak baku pada kutipan tersebut adalah . . .

A.     identitas

B.     karakter

C.     diterapkan

D.     praktek

E.     digunakan

 

32.            Cermati kalimat berikut!

Diva mengantri di loket untuk membeli tiket kereta api tujuan Surabaya.

Kaliamat tersebut terdapat kata yang tidak sesuai Ejaan Bahasa Indonesia, perbaikannya adalah . . . .

A.     mengantri seharusnya mengantre

B.     di loket seharusnya diloket

C.     tiket seharusnya ticket

D.     Surabaya seharusnya Surabaya

E.     Kereta api seharusnya Kereta Api

 

33.            Cermati teks berikut!

Paparan materi yang disampikan oleh Bapak Arthurius SH sangat menarik tetapi durasinya sangat sedikit.

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk teks tersebut adalah . . .

A.     Paparan materi yang disampikan, oleh Bapak Arthurius S.H. sangat menarik, tetapi durasinya sangat sedikit.

B.     Paparan materi yang disampikan oleh Bapak Arthurius, S.H. sangat menarik tetapi durasinya sangat sedikit.

C.     Paparan materi yang disampikan oleh Bapak Arthurius SH, sangat menarik tetapi durasinya sangat sedikit.

D.     Paparan materi yang disampikan, oleh Bapak Arthurius S.H. sangat menarik tetapi durasinya sangat sedikit.

E.     Paparan materi yang disampikan oleh Bapak Arthurius, S.H. sangat menarik, tetapi durasinya sangat sedikit.

 

34.            Cermati teks berikut!

Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu, fenomena baru banyak negara telah melakukannya seperti Brasil; Pakistan; Nigeria; Jerman; dan baru-baru ini Israel.

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk teks tersebut adalah . . .

A.       Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.

B.       Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil Pakistan, Nigeria, Jerman dan baru-baru ini Israel.

C.       Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru, banyak negara telah melakukannya, seperti, Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman dan baru-baru ini Israel.

D.       Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru. Banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.

E.       Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru, banyak negara telah melakukannya seperti, Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.

 

35.            Cermati kalimat penutup surat berikut!

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas Perhatiannya, saya ucapkan terima kasih banyak.

Perbaikan penulisan kalimat penutup surat tersebut adalah . . .

A.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas Perhatiannya, diucapkan terima kasih.

B.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas Perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

C.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas Perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak.

D.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas izinnya, saya ucapkan terima kasih banyak.

E.     Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas Perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

 

36.        Cermati teks berikut!

"Dari tujuh anak mereka, adalah Sie Sie anak tertua, gadis remaja usia enam belas. Mekar menjadi kembang daerah kumuh itu, rambutnya panjang, tinggi semampai, berkulit putih, berlesung pipi, dan amboi manis sekali senyumnya. Kalau kau bertemu dengan Sie di oplet, tidak akan menyangka dia amoy dari keluarga miskin atau gadis remaja yang setiap hari harus bekerja keras, mengurus enam adik sejak subuh buta sampai larut malam saat adiknya yang masih bayi jatuh tertidur."

(Sepotong Hati yang Baru oleh Tere Liye)

Ringkasan isi kutipan novel tersebut adalah . . . .

A.     Sie Sie gadis remaja, tinggi semampai, berlesung pipi, dan manis wajahnya.

B.     Sie Sie gadis remaja dan anak tertua yang bekerja keras mengurus enam adiknya.

C.     Sie Sie gadis amoy berusia enam belas tahun, berambut lurus, dan tinggi semampai.

D.     Sie Sie gadis berkulit putih yang menjadi kembang daerah kumuh itu manis sekali.

E.     Sie Sie gadis remaja yang sering dijumpai di oplet adalah seorang pekerja keras.

 

37.            Perhatikan teks prosedur berikut!

Langkah-langkah membuat kolase.

(1)      Pikirkan konsep kolase yang akan dibuat.

(2)      ………………………………………………..

(3)      Setelah menentukan konsep dan latar, siapkan bahan dan alat untuk membuat kolase.

(4)      ………………………………………………..

(5)      Tahap akhir, biarkan kolase mengering.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks prosedur rumpang tersebut adalah . . .

A.     (2) Pilih dan siapkan latar yang tepat untuk dasar pembuatan kolase. (4) Mulailah proses pembuat kolase.

B.     (2) Siapkan bahan yang sesuai untuk pembuatan kolase. (4) Mulailah proses pembuat kolase.

C.     (2) Pilih dan siapkan latar yang tepat untuk dasar pembuatan kolase. (4) buatlah sketsa dengan pensil.

D.     (2) Pilih dan siapkan latar yang tepat untuk dasar pembuatan kolase. (4) tempelkan bahan pada sketsa yang dibuat.

E.     (2) Gambarlah sketsa kolase. (4) carilah latar yang sesuai dengan tema kolase yang dibuat.

38.            Perhatikan teks tersebut!

Jika ingin membeli pisang ambon, Anda tidak perlu mencarinya di kota ambon.

Penggunaan huruf kapital yang tepat pada teks tersebut adalah . . . .

A.     pisang Ambon

B.     pisang Ambon

C.     Kota Ambon

D.     kota Ambon

E.     dikota Ambon

 

39.            Perhatikan teks berikut!

(1)  “Mari berikan asupan hewani seperti susu, daging, telur dan ikan untuk mencegah stunting”. (2) Seruan yang disampaikan Plt Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Ni Made Diah merupakan pesan utama dalam peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) yang jatuh setiap 25 Januari. (3) Pesan pentingnya gizi bagi anak sekilas memang klise. (4) Seruan itu kerap digaungkan setiap jelang HGN yang memang diarahkan untuk memupuk kepedulian masyarakat akan pentingnya memenuhi nutrisi sehat dan seimbang serta menciptakan produksi pangan berkelanjutan. (5) Namun, apabila ditilik dari realitas di lapangan, seruan ini memang harus terus disampaikan, terutama melihat kasus stunting di Tanah Air.

Opini penulis dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .

A.     (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.     (4)

E.     (5)

 

40.            Perhatikan kutipan teks resensi film berikut!

Film berjudul “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” ini menyajikan kisah yang diadaptasi dari novel angkatan klasik yang dikemas dengan menarik dan tetap mempertahankan unsur-unsur etnik yang terkandung, seperti dialog antartokoh yang menggunakan bahasa daerah. Terutama Zainuddin yang berlogat Bugis. Film ini juga menyajikan suasana khas tahun 30-an dengan menggunakan pemeran figuran asing dan didukung dengan properti seperti uang, kendaraan, dan ejaan ala tahun 30-an. Unsur komedi dan humor juga sedikit ditaburkan pada beberapa adegan sehingga penonton tidak bosan. Penggunaan logat asli Bugis yang diperankan oleh Zainuddin memang mempertahankan ciri etnik yang terkandung, hanya saja logat yang diucapkan terdengar kurang natural dan malah terkesan lucu.  Selebihnya sudah baik dan hampir sempurna.

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada kutipan teks resensi film tersebut adalah . . . .

A.     Terutama Zainuddin yang berlogat Bugis

B.     Kisah cinta karena perbedaan kasta

C.     Etnik melayu sangat kental dalam film ini

D.     Ceritanya mengisahkan percintaan pemuda melayu

E.     Latar film dibuat di masa penjajahan Belanda

B.       ESAI

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan tepat.

41.    Perhatikan teks berikut!

(1)   Nama pemuda Taiwan itu adalah Wong Lan, anak semata wayang dari keluarga kaya. Keluarga mereka punya pabrik tekstil, hidup makmur, berkecukupan. (2)  Sejak usia Wong Lan menginjak kepala tiga, Bapak Ibunya sudah sibuk mengingatkan agar dia segera menikah, mencari gadis pilihan, membina keluarga sendiri. (3) Sayangnya, sejak usia tiga belas, kelakuan Wong Lan jauh bumi jauh langit dari harapan orang tuanya. (4) Dia malas sekolah, lebih suka keluyuran, merokok, minuman keras, berjudi, berteman dengan orang-orang salah. (5) Tabiatnya buruk, suka berteriak, dan kadang memukul pembantu di rumah. (6) Bapak Ibunya berharap, kalau Wong Lan akhirnya menikah, maka perangainya akan sedikit berubah. (7) Maka tidak terhitung anak gadis kenalan, kolega bisnis, tetangga yang diajak ke rumah, berkenalan dengan Wong Lan, sia-sia, anak semata wayang mereka lebih suka hidup bebas.

Bukti watak tokoh terdapat pada kalimat nomor . . . .

 

42.    Cermati kutipan cerpen berikut!

(1)      Tiba-tiba Nizar membuka matanya lebar-lebar. “Kalau sudah besar boleh, Mama?” tanyanya.

(2)      Ibu itu sudah lama tahu, bahwa anaknya mencintai Asni, gadis kecil tetangganya.

(3)      Ia membelai rambut kepala anaknya dengan mesra, lalu menjawab, “Ya, kalua sudah besar dan sudah jadi jenderal, boleh.”

(4)      Malam ini ia akan tidur dengan pikiran jernih dan mimpi yang teramat indah.

(5)      Nizar berbalik ke dinding menyembunyikan mukanya. Ia tersenyum dengan bahagia dan puas sekali.

Urutan peristiwa yang tepat kutipan cerpen tersebut adalah . . . .

 

43.    Perhatikan teks berikut!

"Empat buah Rp5.000,00". Tulisan itu terpampang di gerobak tukang gorengan. Sejak sepekan terakhir, penjual gorengan mulai menaikkan harga dagangannya Rp250,00 sampai dengan Rp500,00 dari semula hanya Rp1.000,00/buah . . . . . Bahkan, sampai menarik perhatian pemimpin daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga mengunggah hal tersebut di akun Instagram pribadinya. Tak jarang, para penjual harus menjelaskan dengan awalan kata ”maaf” jika ada pembeli yang bertanya. Mereka terpaksa menaikkan harga jual dagangannya seiring kenaikan harga kebutuhan pokok. Sebut saja minyak goreng, telur, bahkan cabai rawit yang harganya kini melambung.

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada teks tersebut adalah . . . .

 

44.    Cermati teks iklan berikut!

Deterjen Kinclong ahlinya mencuci. Bandingkan kualitas produk ini dengan yang lain. Aromanya tidak seperti deterjen lain. Satu takar Kinclong dapat hilangkan pakaian bernoda.

Perbaikan kalimat iklan tersebut yang tepat adalah  . . .

 

 

45.    Perhatikan daftar pustaka berikut!

Aksan, Hermawan. 2011, Proses Kreatif Menulis Cerpen, Bandung, Nuansa. 

 

Knight, John F. 2001: Family Medical Care Volume 4. Bandung; Indonesia Publishing House 

 

Badudu: J.S. 1993. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar I. Jakarta. PT Gramedia.

 

Perbaikan tanda baca pada daftar pustaka tersebut yang tepat adalah . . .

                         

 

3 comments for "PREDIKSI UJIAN SEKOLAH (US) BAHASA INDONESIA KELAS XII (SEMUA JURUSAN) "