Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RENCANA MENAG JADIKAN KUA TEMPAT NIKAH SEMUA AGAMA. APAKAH KALIAN SETUJU?

 

Yaqut Cholil Qoumas - MENAG RI

Jakarta- Yawut Cholil Qoumas selaku Menteri Agama (Menag) memiliki rencana untuk menjadikan Kantor Urusan Agama (KUA) sebagai tempat menikah semua agama. Partai Golkar melalui Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily turut mendukung rencana itu dengan segala persiapan regulasinya. Komisi yang memiliki lingkup tugas bidang agama ini pun tentu pasti mendukung segala persiapan regulasi dimaksud.


"Sejatinya Kementerian Agama itu merupakan kementerian yang bukan melayani satu agama, tetapi semua agama juga dilayani. Negara harus memberikan pelayanan kepada semua warga negara, apapun agamanya." Kata Ace kepada wartawan, Minggu (25/2/2024)


Ini menjadi salah satu rencana yang cukup disambut baik olah masyarakat, karena KUA memiliki tugas pokok dan fungsi yang terkait masalah-masalah keagamaan, bukan hanya mengurusi masalah administrasi pernikahan saja, tetapi juga terkait bimbingan keagamaan dari mulai penikahan, zakat, wakaf, haji, dll.


Untuk itu, perlu disiapkan regulasi yang memayungi rencana tersebut. Selain itu, ketersediaan sumber daya manusia (SDM) juga harus disiapkan dan memadai.

Ace Hasan juga menambahkan jika dalam agama lain dalam hal pernikahan mereka mengharuskan keterlibatan negara dalam hal ini KUA, maka tentu hal tersebut harus didukung ketersediaan SDM-nya.

Sebelumya, Yaqut mengatakan "kita sudah sepakat sejak awal bahwa KUA ini akan kita jadikan sebagai sentral pelayanan keagamaan bagi semua agama. KUA bisa digunakan untuk tempat pernikahan semua agama, dilansir dari situs Kemenag, sabtu (24/2/2024)

Semoga saja rencana ini benar-benar dapat diwujudkan dan didukung legislator serta mendapat dukungan sehingga regulasinya ada.

Post a Comment for "RENCANA MENAG JADIKAN KUA TEMPAT NIKAH SEMUA AGAMA. APAKAH KALIAN SETUJU?"