Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PREDIKSI US BAHASA INDONESIA SMA/SMK 2021-2022


PREDIKSI SOAL US BAHASA INDONESIA

TP  2021-2022

Mata Pelajaran   : Bahasa Indonesia

Kelas                  : XII (Semua Jurusan)

                                                 A.      PILIHAN GANDA

1.     Cermati teks eksposisi berikut!

Kasus Covid-19 kembali meroket hari-hari ini. Di Indonesia, sudah 4.353.370 kasus positif dilaporkan. Varian Omicron yang mudah menular menjadi faktor terbesar. Saat ini, Covid-19 sudah menyebar di 227 negara, dengan 383.509.779 kasus terkonfirmasi hingga 3 Februari 2022. Sejak pertama kali dilaporkan pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, varian Omicron bak gelombang yang begitu cepat menyapu dunia, menggantikan varian Delta. Ini sungguh bukan situasi yang mudah bagi dunia.

Ide pokok teks eksposisi tersebut adalah …

A.      Kasus Covid-19 kembali meroket saat ini.

B.      Kasus terkonfirmasi hingga 3 Februari 2022.

C.      varian Omicron bak gelombang yang begitu cepat menyapu dunia.

D.      Varian Omicron yang mudah menular menjadi faktor terbesar.

E.      Saat ini, Covid-19 sudah menyebar di 227 negara.

 

2.     Simaklah teks eksposisi berikut!

Presiden memutuskan bahwa pemerintah akan memberikan vaksin ketiga (booster) kepada seluruh masyarakat Indonesia secara gratis. Kebijakan ini melegakan sekaligus tepat. Melegakan lantaran masyarakat akhirnya mendapat kepastian bahwa vaksin tambahan itu akhirnya tak lama lagi akan mereka terima. Tak pandang orang kaya, sedang, atau miskin. Seluruh rakyat dari Sabang hingga Merauke nantinya akan mendapat hak yang sama vaksinasi sebagai ikhtiar bersama mencegah terpapar virus Covid-19. Dengan tanpa dibebankan biaya, tentu hal ini makin melegakan. Artinya, vaksin akhirnya bisa menjangkau semua masyarakat. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana kegaduhan yang akan terjadi jika vaksin booster dikenakan tarif, seperti halnya yang sudah berlaku di sejumlah negara. Tentu tidak semua rakyat akan mampu membelinya.

Simpulan teks eksposisi tersebut adalah …

A.      Kita tidak bisa membayangkan bagaimana kegaduhan yang akan terjadi jika vaksin booster dikenakan tarif, seperti halnya yang sudah berlaku di sejumlah negara.

B.      Kebijakan ini melegakan lantaran masyarakat akhirnya mendapat kepastian bahwa vaksin tambahan itu akhirnya tak lama lagi akan mereka terima.

C.      Keputusan Presiden bahwa pemerintah akan memberikan vaksin ketiga (booster) kepada seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang hingga Merauke secara gratis disambut lega masyarakat.

D.      Seluruh rakyat dari Sabang hingga Merauke nantinya akan mendapat hak yang sama vaksinasi sebagai ikhtiar bersama mencegah terpapar virus Covid-19.

E.      Tentu tidak semua rakyat akan mampu membelinya jika vaksin booster dikenakan tarif, seperti halnya yang sudah berlaku di sejumlah negara.

 

3.     Cermati teks eksposisi berikut!

Kehadiran transportasi publik merupakan wajah dari sebuah kota. Apakah kota itu modern atau tidak, biasanya dapat dinilai dari angkutan umum yang melayani warganya.

Makna istilah modern pada teks eksposisi tersebut adalah …

A.      Maju

B.      Mahir

C.      Cakap

D.      Mutakhir

E.      Keren

 

4.     Cermati kalimat berikut!

Awal pekan ini, Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) mengumumkan bahwa 10,000 gerai warteg, yang selama ini menjadi andalan masyarakat dari berbagai kelas untuk menyantap hidangan murah meriah, sudah mengambil ancang-ancang untuk menaikkan harga.

Inti kalimat tersebut adalah …

A.      Komunitas Warteg Nusantara Mengumumkan naik harga

B.      Warteg selama ini menjadi andalan masyarakat

C.      menyantap hidangan murah meriah warteg

D.      mengumumkan bahwa 10,000 gerai warteg

E.      mengambil ancang-ancang untuk menaikkan harga.

 

5.     Perhatikan teks eksposisi berikut!

"Empat buah Rp 5.000". Tulisan itu terpampang di gerobak tukang gorengan. Sejak sepekan terakhir, penjual gorengan mulai menaikkan harga dagangannya Rp250 sampai dengan Rp500 dari semula hanya Rp1.000/buah. Kenaikan harga camilan sejuta umat itu sempat menjadi berita. Bahkan, sampai menarik perhatian pemimpin daerah seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga mengunggah hal tersebut di akun Instagram pribadinya. Tak jarang, para penjual harus menjelaskan dengan awalan kata ”maaf” jika ada pembeli yang bertanya. Mereka terpaksa menaikkan harga jual dagangannya seiring kenaikan harga kebutuhan pokok. Sebut saja minyak goreng, telur, bahkan cabai rawit yang harganya kini melambung.

Tanggapan logis dari teks eksposisi tersebut adalah …

A.      Menaikan harga jual jajanan pinggir jalan mulai dari Rp 250 hingga Rp 500 dinilai tidak wajar

B.      Wajar saja pedagang makanan menaikkan harga jual karena harga kebutuhan pokok juga naik.

C.      Seharusnya harga jual makanan jangan dinaikkan agar pembeli tidak dirugikan.

D.      Pedagang makanan baiknya membeli bahan pokok kualitas rendah agar mendapat untung

E.      Pemerintah tidak jeli menanggapi masalah kenaikan bahan pokok sehingga merugikan pedagang gorengan

 

6.     Simaklah artikel berikut!

Kakak beradik Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo kembali mengukir prestasi. Di awal tahun 2022 ini, Mischka dan Devon meraih penghargaan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) untuk "Kakak Beradik Pemenang Medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional Terbanyak". Penyerahan penghargaan rekor diserahkan langsung Pendiri dan Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, di Galeri Museum Rekor Indonesia (MURI). Rekor Muri ini diperoleh Mischka Aoki (12 tahun) dan Devon Kei (11 tahun) setelah memenangkan lebih dari 40 medali sepanjang tahun 2021. Medali yang diraih putera dan puteri dari desainer internasional Winnie Aoki ini, diantaranya Diamond Medal yang dimenangkan Devon Kei dalam ajang WMI Final Round. Selain itu, pada Desember 2021 lalu, mereka berdua juga kembali mengharumkan nama Indonesia dengan memenangkan 2 Medali Emas, 1 Medali Perak, dan Overall Winner Champion dari Indonesia di ajang IJMO (International Junior Math Olympiad) dan VANDA Global Science Final Olympiad. Hal ini menjadi istimewa karena hanya terpilih 5 pelajar dari seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan training khusus bersama para pakar matematika dari berbagai negara.

Simpulan artikel tersebut adalah …

A.      Kakak beradik Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo kembali mengukir prestasi. Di awal tahun 2022 ini, Mischka dan Devon meraih penghargaan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia) untuk "Kakak Beradik Pemenang Medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional Terbanyak".

B.      Kakak beradik Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo banyak mengukir prestasi dalam olimpiade matematika dan meraih rekor MURI serta menjadi pelajar yang beruntung mengikuti training khusus Bersama pakar matematika internasional.

C.      Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo pada Desember 2021 lalu, mereka berdua juga kembali mengharumkan nama Indonesia dengan memenangkan 2 Medali Emas, 1 Medali Perak, dan Overall Winner Champion dari Indonesia di ajang IJMO

D.      Medali yang diraih putera dan puteri dari desainer internasional Winnie Aoki ini, diantaranya Diamond Medal yang dimenangkan Devon Kei dalam ajang WMI Final Round.

E.      Hal ini menjadi istimewa karena hanya terpilih 5 pelajar dari seluruh dunia untuk mendapatkan kesempatan training khusus bersama para pakar matematika dari berbagai negara.

 

7.     Cermati teks iklan berikut!

(1) Ikutilah lomba penulisan karya ilmiah tingkat SMK tahun 2022. (2) Karya ilmiah membuka wawasan pengetahuan dan keilmuan kita. (3) Karya ilmiah membidik prestasi siswa dalam keterampilan menulis.

Penjelasan isi kalimat (3) pada iklan tersebut adalah ...

A.      Prestasi siswa hanya dapat diperoleh melalui lomba karya ilmiah.

B.      Melalui kegitaan membaca dan menulis prestasi lomba karya ilmiah dapat dicapai.

C.      Lomba penulisan karya ilmiah dapat meningkatkan prestasi siswa melalui keterampilan menulis.

D.      Keterampilan menulis siswa SMK sejalan dengan prestasi siswa dalam lomba karya ilmiah.

E.      Keterampilan menulis siswa dapat membidik wawasan siswa

 

8.     Simaklah teks eksplanasi berikut!

(1)        Wacana pemindahan ibu kota Indonesia telah bergulir sejak lama. (2) Bahkan sejak era Presiden pertama RI Soekarno sudah bergulir wacana memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan. (3) Memindahkan ibu kota bukan hal baru. Kebijakan pemindahan ibu kota juga dilakukan sejumlah negara di dunia. (4) Sebut saja negara tetangga Malaysia yang sukses memindahkan pusat pemerintahannya dari Kuala Lumpur ke Putrajaya pada saat krisis ekonomi 1999. (5) Kebijakan serupa juga diterapkan Korea Selatan yang membangun sebuah pusat administrasi yang disebut Kota Sejong. (6) Korea ingin mengurangi kepadatan dan kemacetan di ibu kota negara sekaligus kota terbesar Seoul. (7) Sementara itu alasan memilih daerah Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara karena secara kajian dinilai minim bencana, baik banjir, gempa.

Hubungan kausal terdapat pada kalimat nomor ….

A.      (1)

B.      (2)

C.      (4)

D.      (5)

E.      (7)

 

9.     Cermati teks berikut!

(1)        Keinginan dan komitmen Indonesia untuk menjadi produsen kendaraan listrik dituangkan dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. (2) Perpres ini menandakan kebangkitan Indonesia untuk menjadi produsen kendaraan listrik, termasuk sikap yang ditunjukkan pemerintah dengan mendorong swasta yang selama ini mengimpor kendaraan listrik untuk segera membangun pabrik kendaraan listrik di Tanah Air. Selain itu Langkah ini juga untuk menggandeng prinsipal dari luar negeri. (4) Kita tentunya tidak ingin menjadi importir kendaraan terus-menerus, tapi harus bisa memproduksi kendaraan listrik. (5) Dari sisi teknologi sebenarnya Indonesia sudah bisa menguasai.

Pandangan penulis pada teks tersebut terdapat pada kaliamat nomor ….

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.      (5)

 

10.  Cermati teks berikut!

Penemuan mobil dimulai dengan usaha seorang Austria, yaitu S. Marcus (1875), untuk dapat menghasilkan mesin pada gas pertama. Faktanya, sistem dari mesin gas juga merupakan sebuah hasil dari serangkaian ide yang akan dikembangkan sebelum Marcus. Namun tetap saja, Marcus yang akan mengumpulkan penemuan tersebut dan menghubungkan berbagai rangkaian mesin gas ke kendaraan untuk yang pertama kalinya sehingga dia dapat berjalan tanpa dengan bantuan tarikan dari kuda. Sejak saat itu mobil menjadi sebuah penemuan. Tiga puluh tahun kemudian, setelah adanya serangkaian kontribusi yang banyak serta pengembang lain yang membantu di dalam memperbaiki mobil, sebuah mobil mampu mencapai bentuk yang dapat untuk digunakan sebagai sarana transportasi yang cukup nyaman bagi banyak orang. Bentuk dari mobil seperti itu yang akan mendapatkan hak paten dari Negara Amerika Serikat di tahun 1911, dapat juga digambarkan sebagai awal dari sebuah kendaraan yang saat ini akan menjadi sebuah alat paling penting di dalam kehidupan manusia.

Ringkasan teks tersebut adalah …

A.      Penemu mobil pertama yaitu S. Marcus (1875) asal Austria yang mengumpulkan dan menghubungkan berbagai rangkaian mesin gas ke kendaraan yang dapat berjalan tanpa bantuan tarikan kuda dan mengalami perkembangan tiap zamannya hingga menjadi alat transportasi penting di kehidupan manusia.

B.      Marcus yang mengumpulkan penemuan tersebut dan menghubungkan berbagai rangkaian mesin gas ke kendaraan untuk yang pertama kalinya sehingga dia dapat berjalan tanpa dengan bantuan tarikan dari kuda.

C.      Penemuan mobil dimulai dengan usaha seorang Austria, yaitu S. Marcus (1875), untuk dapat menghasilkan mesin pada gas pertama. Faktanya, sistem dari mesin gas juga merupakan sebuah hasil dari serangkaian ide yang akan dikembangkan sebelum Marcus.

D.      Bentuk dari mobil seperti itu yang akan mendapatkan hak paten dari Negara Amerika Serikat di tahun 1911, dapat juga digambarkan sebagai awal dari sebuah kendaraan yang saat ini akan menjadi sebuah alat paling penting di dalam kehidupan manusia.

E.      Setelah adanya serangkaian kontribusi yang banyak serta pengembang lain yang membantu di dalam memperbaiki mobil, sebuah mobil mampu mencapai bentuk yang dapat untuk digunakan sebagai sarana transportasi yang cukup nyaman bagi banyak orang.

 

11.  Simaklah teks cerita sejarah berikut!

Nama kecil Raden Patah adalah Pangeran Jimbun. Raden pada saat itu sudah beragama Islam. Setelah berumur kurang lebih 20 tahun ia dikirim ke Pulau Jawa untuk memperdalam agama Islam, sehingga Raden Patah menjadi pemuda yang taat beragama Islam. Setelah sampai, Raden Patah kemudian menetap di Demak (Bintaro). Selang beberapa tahun tepatnya 1475 Masih, ia mendirikan pesantren atas perintah dari gurunya dengan lokasi berada di Desa Glagahwangi. Pesantren tersebut merupakan pusat untuk memperoleh ilmu pengetahuan agama Islam. Berdirinya pesantren membuat desa menjadi ramai dikunjungi orang-orang. Saking ramainya desa tersebut akhirnya tak hanya menjadi pusat agama saja, tetapi juga menjadi pusat perdagangan dan menjadi pusat kerajaan Islam yang pertama di Pulau Jawa yaitu Kerajaan Demak.

Watak tokoh Raden Patah dalam teks tersebut adalah ….

A.      Rendah hati

B.      Bijaksana

C.      Dermawan

D.      Religius

E.      Ramah

 

12.  Cermati teks cerita sejarah berikut!

Baginda Raja bersama istri dan rombongannya kemudian kembali ke Melaka. Selama bertahun-tahun negeri ini aman dan tenteram. Hang Tuah menjadi laksamana yang amat setia kepada raja Melaka dan amat disayang serta dipercaya raja. Hal itu menimbulkan rasa iri dan dengki prajurit dan pegawai istana. Suatu ketika tersebar fitnah yang menyebutkan bahwa Hang Tuah telah berbuat tidak sopan dengan seorang dayang istana. Penyebar fitnah itu adalah Patih Kerma Wijaya yang merasa iri terhadap Hang Tuah. Baginda Raja marah mendengar kabar itu. Ia memerintahkan Bendahara Paduka Raja agar mengusir Hang Tuah. Tuan Bendahara sebenarnya enggan melaksanakan perintah Baginda Raja karena ia menge­ta­hui Hang Tuah tidak bersalah. Tuan Bendahara menyarankan agar Hang Tuah cepat-cepat meninggalkan Melaka dan pergi ke Indrapura.

Latar tempat teks cerita sejarah tersebut adalah ….

A.      di kerajaan Melaka

B.      di kerajaan Indrapura

C.      di perjalanan

D.      di ruang raja Melaka

E.      di tempat pengusiran

 

13.  Cermati puisi berikut!

satu

bertambah usia

setahap lebih dewasa

menginjak tanggal lahir kita

satu

berkurang jatah

waktu yang tersisa

untuk melihat indah dunia

satu

akhirnya jua

kita harus berpisah

tinggalkan keluarga orang tercinta

satu

padaNya kembali

berakhir dalam sunyi

tiada sesiapa yang menemani

amanat yang terkandung dalam puisi tersebut adalah …

A.    Perbanyaklah amal ibadah sebelum tutup usia dan kembali kepada Tuhan.

B.    Jangan buang masa muda nikmatilah sebelum kematian menjemputmu

C.    Manusia yang merugi adalah manusia yang tidak bersyukur akan hidup.

D.    Bersyukurlah akan bertambahnya usia tiap tahunnya

E.     Nikmatilah masa hidup selagi belum tutup usia

 

14.  Perhatikan kutipan teks cerita pendek berikut!

“Tidak ada kabar adalah kabar, yaitu kabar tidak ada kabar. Tidak ada kepastian juga adalah kepastian, yaitu kepastian tidak ada kepastian. Hidup ini juga memang tentang menunggu. Menunggu kita untuk menyadari: kapan kita akan berhenti menunggu.”

Majas yang terdapat dalam kutipan teks tersebut adalah ….

A.      Pleonasme

B.      Hiperbola

C.      Litotes

D.      Paradoks

E.      Repetisi

 

15.  Cermati kutipan cerita pendek berikut!

Nama pemuda Taiwan itu adalah Wong Lan, anak semata wayang dari keluarga kaya. Keluarga mereka punya pabrik tekstil, hidup makmur, berkecukupan. Sejak usia Wong Lan menginjak kepala tiga, Bapak Ibunya sudah sibuk mengingatkan agar dia segera menikah, mencari gadis pilihan, membina keluarga sendiri. Sayangnya, sejak usia tiga belas, kelakuan Wong Lan jauh bumi jauh langit dari harapan orang tuanya. Dia malas sekolah, lebih suka keluyuran, merokok, minuman keras, berjudi, berteman dengan orang-orang salah. Tabiatnya buruk, suka berteriak, dan kadang memukul pembantu di rumah. Bapak Ibunya berharap, kalau Wong Lan akhirnya menikah, maka perangainya akan sedikit berubah. Maka tidak terhitung anak gadis kenalan, kolega bisnis, tetangga yang diajak ke rumah, berkenalan dengan Wong Lan, sia-sia, anak semata wayang mereka lebih suka hidup bebas.

Hubungan antar unsur intrinsic dalam teks tersebut adalah ….

A.      Latar dan alur

B.      Alur dan sudut pandang

C.      Penokohan dan tema

D.      Penokohan dan sudut pandang

E.      Penokohan dan latar

 

 

16.  Cermati kutipan novel berikut!

“Sungguh saudara-saudara kita akan menjadi tameng api neraka. Maka berbuat baiklah kepada mereka. Sungguh adik-kakak kita akan menjadi perisai cambuk malaikat. Maka berbuat baiklah kepada mereka. Sungguh saudara-saudara kita akan menjadi penghalang siksa dan azab himpitan liang kubur. Maka berbuat baiklah kepada mereka.” Ucap Umi Salamah. Aisyah yang sebelumnya suka marah-marah, sering cemburu kepada perlakuan Uminya kepada Delisa, seketika tersadar jika semua itu termasuk perbuatan tercela.

Penyebab konflik dalam kutipan novel tersebut adalah …

A.      Delisa yang selalu bersikap nakal terhada[ Aisyah

B.      Umi salamah yang selalu pilih kasih terhadap Aisyah

C.      Aisyah yang merasa iri terhadap perlakuan umi ke Delisa

D.      Delisa berbuat tercela terhadap saudarinya, yaitu Aisyah

E.      Delisa dan Aisyah yang tidak disayangi umi salamah lagi

 

17.  Cermati kutipan novel berikut!

“Sie Sie mendengar kabar ada pemuda Taiwan yang datang ke Singkawang mencari istri. Sie tentu sering mendengar percakapan, bisik-bisik tetangga tentang ‘nikah foto’. Dua orang teman dekatnya, setahun silam juga dipaksa orang-tua mereka menikah dengan lelaki dari Hongkong. Sie Sie sendiri yang menyaksikan dua temannya itu menangis hingga kering air-mata, Sie Sie sendiri yang memeluk, menghibur, melakukan apa saja untuk dua temannya yang tidak punya kekuatan menolak. Sie benci dengan pernikahan itu, sebenci dia dengan kemiskinan dan kebodohan yang menjerat mereka. Sayangnya, kebencian yang besar terkadang tidak cukup untuk melawan sesuatu. Malam itu, Ibu Sie jatuh pingsan, tubuh membiru, dengus nafas mulai habis. Bapak mereka yang masih di penjara tidak membantu. Sie Sie sendirian, dengan menumpang oplet, susah payah membawa Ibunya ke rumah sakit, pihak rumah sakit menolak Ibunya tanpa jaminan pembayaran. Sie terjepit. Di tengah situasi darurat itu, di tengah kalut pikiran, tidak ada tetangga, kerabat atau sahabat yang membantu, SieSie memutuskan mengambil pilihan yang tidak pernah dia pikirkan sebelumnya, pilihan yang amat dia benci, dia bersedia menjadi istri belian.”

Nilai yang kehidupan yang terkandung dalam kutipan tersebut adalah …

A.    Kebencian seseorang akan nasib membuat ia kuat dan tegar menghadapi masalah

B.    Keadaanlah yang membuat orang menjadi lebih berani mengambil keputusan

C.    Sesulit apapun keadaan sebaiknya kita lebih bijak dalam mengambil keputusan.

D.    Terkadang cara yang tidak baik diperlukan saat keadaan memang mendesak

E.     Jika membuat keputusan kita harus lebih mengutamakan kepentingan oranglain

 

18.  Cermati kedua puisi berikut!

RINDU SEKOLAH

Aku rindu riuh canda dan tawamu anak anakku

Diantara lorong lorong sekolah yg kini mati

Aku selalu menunggu hadirmu

Tuk warnai hari bersama melukis impian

 

Mungkin belum saatnya kalian hadir

Tutup saja semua jendela dan pintu rumahmu

Tapi jangan pernah kau tutup hati dan pikiranmu

Tetaplah melukis mimpi dengan caramu

MEMBESUK PENDIDIKAN

Apa kabar, Pak Dewantara?

2 Mei kali ini seperti biasa euforianya

Poster-poster selamat memenuhi lini masa

Seketsa berpeci dan berkacamata

Guratan ' ing ngarsa sung tuladha,

Ing madya mangun karsa

Hilang rasa, hilang makna

 

Pak, 100 hari lebih kami libur sekolah

Batal wisuda, jadwal KKN menggundah

Riang pada awal hari di rumah

Lalu jelak akan forum-forum maya yang tak pernah sudah

Persamaan kedua puisi tersebut adalah ….

A.      keresahan menghadapi pandemic

B.      memperingati hari Pendidikan nasional

C.      Bertemakan Pendidikan di masa pandemi

D.      Sama-sama ditujukan untuk murid-murid

E.      Menggunakan rima ab ab

 

19.  Perhatikan teks eksposisi berikut!

Kisah Christopher Farrel Millenio Kusuma viral pada 2020 lalu, saat dia diundang raksasa teknologi Amerika Google. ………. akun Instagram, pemuda 22 tahun ini mengupdate kabar terbarunya. "Kami telah berhasil mendigitalkan semua industri perbankan di Indonesia dengan telekomunikasi VSAT yang andal dari Primacom dan kompresi data Extreme dari Kecilin. Kecilin adalah start up di bidang kompresi data yang didirikan Farrel saat usianya baru 18 tahun. Berbekal start up ini, Farrel meraih juara pertama bidang usaha teknologi digital dalam Kompetisi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018. Sebelum jadi CEO, Farrel yang lahir para 1 Januari 2000 ini menghadapi jalan berliku dan pernah gagal dalam berkompetisi. ……… Kegagalan di kompetisi itulah membuka jalan lain untuk Farrel, yang mengupload hasil risetnya di GitHub.

Konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks yang rumpang tersebut adalah ….

A.    Melalui, agar

B.    Melalui, karena

C.    Karena, apabila

D.    Bahkan, melalui

E.     Dan, namun

 

20.  Cermati teks pantun berikut!

Supaya tangan tidak terluka

Jangan dikepit hulunya kapak

Supaya Tuhan tiada murka

……………………………

Kalimat yang tepat untuk melengkapi pantun rumpang tersebut, yaitu ….

A.      Jangan sakiti ibu bapak

B.      Perbanyaklah ibadah

C.      Jangan lupa berdoa

D.      Dan menimbulkan petaka

E.      Mari rajinlah bersedekah

 

21.  Cermati kutipan cerpen berikut!

(1) Tiba-tiba Nizar membuka matanya lebar-lebar. “Kalau sudah besar boleh, Mama?” tanyanya.

(2) Ibu itu sudah lama tahu, bahwa anaknya mencintai Asni, gadis kecil tetangganya.

(3) Ia membelai rambut kepala anaknya dengan mesra, lalu menjawab, “Ya, kalua sudah besar dan sudah jadi jenderal, boleh.”

(4) Malam ini ia akan tidur dengan pikiran jernih dan mimpi yang teramat indah.

(5) Nizar berbalik ke dinding menyembunyikan mukanya. Ia tersenyum dengan bahagia dan puas sekali.

Urutan peristiwa yang tepat kutipan cerpen tersebut adalah ….

A.      (1), (2), (3), (4), (5)

B.      (1), (2), (3), (5), (4)

C.      (1), (3), (2), (4), (5)

D.      (1), (4), (5), (2), (3)

E.      (1), (5), (4), (3), (2)

 

22.  Perhatikan teks resensi film berikut!

(1)   Film berjudul “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” ini menyajikan kisah yang diadaptasi dari novel angkatan klasik yang dikemas dengan menarik dan tetap mempertahankan unsur-unsur ethnic yang terkandung, seperti dialog antartokoh yang menggunakan bahasa daerah. Terutama Zainuddin yang berlogat Bugis. (2) Film ini juga menyajikan suasana khas tahun 30-an dengan menggunakan pemeran figuran asing dan didukung dengan properti seperti uang, kendaraan, dan ejaan ala tahun 30-an.  (3) Unsur komedi dan humor juga sedikit ditaburkan pada beberapa adegan sehingga penonton tidak bosan. (4) Penggunaan logat asli Bugis yang diperankan oleh Zainuddin memang mempertahankan ciri ethnic yang terkandung, hanya saja logat yang diucapkan terdengar kurang natural dan malah terkesan lucu. (5) Selebihnya sudah baik dan hampir sempurna.

Kelemahan film terdapat pada nomor ….

A.    (1)

B.      (2)

C.      (2)

D.    (4)

E.       (5)

 

23.  Perhatikan teks prosedur cara mengoperasikan mesin scanner berikut!

(1)  Langkah pertama, Klik Start > Control Panel > Klik Icon “Caere scan manager” kemudian akan muncul halaman “Caere scan manager 5.1”, akan berisi icon “Add Scanner. Kemudian “klik” icon tersebut.

(2)  Setelah klik icon “Add Scanner akan muncul halaman pilihan jenis-jenis dan type scanner.

(3)  Kemudian, “klik” tombol scan dan biarkan selama proses scanning.

(4)  Setelah proses Scanning Selesai, langkah terakhir adalah jangan lupa untuk menyimpan dokumen hasil scan. Setelah dokumen selesai dipindai, maka akan muncul tampilan virtualnya sesuai dengan layar PC atau laptop kalian. Nah, setelah itu akan muncul menu save di pojok kiri atas.

(5)  Klik save untuk melakukan penyimpanan, lalu simpan ke folder sesuai yang kamu inginkan.

Urutan yang sesuai teks prosedur tersebut adalah

A.      (1), (2), (3), (4), (5)

B.      (1), (2), (3), (5), (4)

C.      (1), (3), (2), (4), (5)

D.      (1), (4), (5), (2), (3)

E.      (1), (5), (4), (3), (2)

 

24.  Perhatikan teks eksposisi berikut!

PPKM menjadi kunci karena terkait aturan berkumpul, seperti menyelenggarakan hajatan, pendidikan, perkantoran, ataupun aktivitas publik lainnya, seperti mol dan restoran. Di sektor Pendidikan, Buka tutup sekolah menjadi hal biasa selama pandemi ini belum teratasi. Karena itu, selain PTM terbatas, perlu dicari cara lain untuk memulihkan pembelajaran, dengan tetap mengutamakan keselamatan siswa.

Sinonim kata sektor dalam teks tersebut adalah …

A.      Bidang

B.      Lahan

C.      Tempat

D.      Jurusan

E.      Lokasi

 

25.  Bacalah kutipan teks berikut!

(1)        Achdiat Karta Miharja lahir di Cibatu, Garut, Jawa Barat, 6 Maret 1911 dan meninggal dunia di Canberra, Australia, 8 Juli 2010 pada usia 99 tahun. (2) Beliau lebih dikenal dengan nama pena Achdiat K. Miharja. (3) Ayahnya seorang pemegang buku pada sebuah perkebunan di Kota Garut. (4) Achdiat adalah anak yang cerdas, sehingga ayahnya berharap ia menjadi sarjana hukum.

Variasi kalimat berikut yang sesuai untuk kalimat nomor (4) adalah …

A.      Menulis ia lakukan sejak ia pandai merangkai kata-kata.

B.      Ia anak yang pandai sehingga ayahnya ingin ia menjadi ahli hukum.

C.      Anak yang tergolong biasa saja namun mempunyai kesenangan menulis.

D.      Beliau suka menulis buku, tidak heran jika ayahnya sangat mendukung.

E.      Achudatanak yang cerdas, ia ingin ayahnya menjadi ahli hukum.

 

26.  Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1)    Sebaliknya, yang tidak menguasainya justru akan menimbulkan ancaman pengangguran, kemiskinan, dan keputusasaan.

(2)    Negara-negara maju telah melompati era industri menuju era informasi.

(3)    Dalam era itu, kekuatan otak, pengetahuan, dan kreativitas manusia akan menggantikan   mesin dan bangunan sebagai model utama dalam masyarakat.

(4)    Bagi yang menguasai pengetahuan baru, sangat terbuka kesempatan yang sangat luas.

(5)    Namun, era baru itu juga menyajikan alternatif yang kontras.

Urutan kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ....

A.      (2), (3), (1), (4), (5)

B.      (2), (3), (5), (4), (1)

C.      (2), (5), (4), (1), (3)

D.      (3), (5), (1), (2), (4)

E.      (4), (1), (5), (3), (2)

 

27.  Cermati teks berikut!

Tidak semua anak mengeluhkan kelainan penglihatan kepada orang tua. Untuk itu orang tua harus memperhatikan tingkah laku anak-anaknya. Beberapa jenis tingkah laku yang berhubungan dengan kelainan mata antara lain jalan terlalu berhati-hati. Anak-anak dengan kelainan ini akan mengerutkan dahi, menyipitkan mata, atau memiringkan kepala saat melihat. Mereka juga sering mengeluhkan pusing saat belajar. Terkadang mata mereka terlihat bercahaya bila berada di tempat gelap.

Simpulan kutipan teks karya ilmiah tersebut adalah …

A.      Anak selalu memiringkan kepalanya saat mata berkonsentrasi.

B.      Kelainan penglihatan pada anak dapat diamati melalui perilakunya.

C.      Pusing saat belajar adalah ciri adanya kelainan penglihatan pada anak.

D.      Banyak jenis tingkah laku yang berhubungan dengan kelainan mata pada anak.

E.      Cahaya mata yang aneh saat berada di tempat gelap merupakan ciri kelainan mata.

 

28.  Cermati matriks  berikut!

Tol Trans-Jawa yang Lolos Evaluasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJL)

Ruas Jalan Tol

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJL)

Panjang (km)

Nilai Investasi (Rp Milar)

Cikampek—Palimanan

PT Lintas Marga Sedaya

116

11.365

PejaganPemalang

PT Pajagan Pemalang Tol Road

57,5

5.518

BatangS emarang

PT Marga Setia Puritama

75

7.214

SemarangS olo

PT Transmarga Jateng

75,7

6.213

SoloMantinganNgawi

PT Solo Ngawi Jaya

90,1

5.138

      

                      Simpulan yang sesuai dengan matriks tersebut adalah …

A.         Panjang jalan tol berbanding lurus dengan besarnnya nilai investasi.

B.          Besarnya nilai inverstasi berbanding terbalik dengan panjang jalan tol.

C.          Ruas jalan tol CikampekPalimanan memiliki inverstasi tertinggi karena terpanjang.

D.         Ruas tol SoloMantinganNgawi adalah yang terpanjang, tetapi inverstasinya paling kecil.

E.          Nilai investasi tertinggi dimiliki oleh ruas jalan tol SoloMantinganNgawi yang dikerjakan PT Solo Ngawi Jaya.

 

29.  Cermati teks berikut!

(1)     Upaya pemerintah dalam mempertahankan rancangan budaya agar tidak tergerus oleh bangsa lain terus bergulir. (2) Setelah beberapa kali budaya asli diklaim negara lain seperti Malaysia, kebangkitan dan  kesadaran untuk kembali mencintai budaya sendiri pun tumbuh di berbagai tumpukan masyarakat Indonesia. (3) Berbagai cara dan tindakan dilakukan pemerintah dan lapisan masyarakat Indonesia untuk pelestarian budaya. (4) Salah satu contohnya adalah dengan membuat hak paten. (5) Dengan demikian, budaya Indonesia akan terjaga dan tetap lestari.

Kesalahan penggunaan kata pada teks tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....

A.      (1), (2)

B.      (2), (3)

C.      (2), (4)

D.      (3), (4)

E.      (3), (5)

 

30.  Cermati kutipan dua teks drama berikut!

TEKS 1

TEKS 2

 

Tamu          : Assalamu’alaikum.

Tuan Rumah: Wa’alaikumussalam.

Tamu            : Rekening Koran.

Tuan Rumah: Hari senin sajalah. Sebentar

                       lagi mobil pesananku    

                      datang dan itu akan menguras    

                      dompetku.

Tamu           : Baik, tak apa. Ini majalah

                       baru. Apa mau berlangganan?

Tuan Rumah: Wah, bagus ini. Untuk

                       perkenalan, gratis, kan?

Tamu           : Maaf, ndak bisa gratis.

Tuan Rumah: Oh, kalau begitu lebih baik

                       pinjam saja dari tetangga.

Tamu           : Baiklah.

Tuan Rumah: Hari Senin nanti, ya!

Tamu           : Ya. Baik, permisi.

Tuan Rumah: Ayo.

                            

 

 

Kakek : Sejak muda kau begitu yakin seakan saya pernah punya hubungan percintaan dengan perempuan tadi. Saya heran kenapa kau begitu berhasil menciptakan tokoh yang fantastis itu menjadi tokoh yang seolah nyata dalam diri kau sehinggga tokoh itu mampu mempermainkan kau sendiri selama hidup kau.

Nenek : Bukan fantastis. Tapi memang dia tokoh fantasi kau, bahkan sampai saat tua (menangis). Sengaja kau suruh Joni menyiapkan segera minuman kesukaannya begitu dia datang.

Kakek  : Siapa? Saya? Menyuruh Joni?    

               Minuman apa?

Nenek  :Kau menyuruh Joni membuat es susu begitu nyonya janda itu datang.

Kakek    : Tidak. Saya tidak menyuruh Joni                                                                 (Arifin C. Noor: Pada Suatu Hari Nanti)

 

          Perbedaan karakter tokoh pada kutipan drama tersebut adalah ...

A.      Tuan Rumah berkarakter penghemat, sedangkan Nenek pemarah.

B.      Tuan Rumah berkarakter pecundang, sedangkan Nenek buruk sangka.

C.      Tuan Rumah berkarakter pelit, sedangkan Nenek pencemburu.

D.      Tuan Rumah berkarakter penyabar, sedangkan Nenek manja. Tuan Rumah berkarakter pemarah, sedangkan Nenek manja.

 

31.  Cermati teks berikut!

Seandainya kita pandai menabung hujan, tentu tak perlu cemas dengan datangnya musim kemarau panjang. Itu postulat lama yang tumbuh di negara tropis seperti Indonesia. Postulat, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya asumsi yang menjadi pangkal dalil yang dianggap benar tanpa perlu [....] Artinya, kita sejatinya meyakini kebenaran teori bahwa menyimpan air hujan akan memberikan banyak manfaat ketika datang musim kering atau kemarau. Bahkan kemarau panjang sekalipun. Namun nyatanya, kita sekadar yakin, tetapi tak biasa melakukannya. Kita percaya, tetapi kita terus saja malas sehingga tak kunjung pandai [...] berkah air kala musim hujan, yang acap terjadi malah sebaliknya. Saat debit melimpah, air curahan hujan seolah dibiarkan tidak tertampung dan tak terkontrol. Jadilah banjir. Jadilah kita punya bencana ganda. Bencana kekeringan saat musim kemarau dan bencana banjir ketika datang musim hujan.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah ....

A.      menunjukkan, menyimpan

B.      mengatakannya, menggali

C.      menyebut, menakar

D.      membuktikannya, menabung

E.      pembuktian, menghindar

 

32.  Cermati teks berikut!

(1) Banyak manusia yang mengeluh sakit akibat kurang aktivitas. (2)  Keadaan itu semakin buruk bila ditambah dengan faktor risiko misalnya merokok, pola makan tidak teratur, serta menu makanan yang tidak sehat. (3) Semua itu akan menimbulkan berbagai penyakit dengan berpeluang lima kali lebih tinggi bila tidak diimbangi dengan olahraga. (4) Oleh karena itu, kita tidak bisa beralasan untuk tidak berolahraga. (5) Kita bisa berolahraga dengan  perlengkapan yang sederhana atau tidak menggunakan alat. (6) Jika ingin menggunakan alat, kita persiapkan peralatan olahraga yang mau kita pakai.

Perbaikan kalimat tidak logis pada kalimat nomor (6) adalah ...

A.    Jika ingin menggunakan alat, kita persiapkan peralatan olahraga yang akan kita pakai.

B.    Jika kita ingin menggunakan alat, persiapkan peralatan olahraga yang mau kita pakai.

C.    Jika kita ingin menggunakan alat, kita persiapkan olahraga yang akan kita pakai.

D.    Jika ingin menggunakan alat, persiapkanlah peralatan olahraga yang mau dipakai.

E.     Jika ingin menggunakan alat, kita menyiapkan peralatan olahraga yang mau dipakai.

 

33.  Cermati teks berikut!

(1)Ada dua alasan mengapa Indonesia dapat dikatakan sebagai salah satu negara terindah di dunia.  (2) Pertama, Indonesia mempunyai alam yang indah.  (3) Di seluruh wilayah Indonesia dapat kita temui lembah, gunung, dan pantai yang menawan.  (4) Ke dua, Indonesia juga terkenal karena keindahan keragaman budayanya.  (5) Indonesia memiliki beragam suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri. (6) Dua hal itulah yang efektif membuat Indonesia dikenal sebagai salah satu dari negara terindah di dunia.

Perbaikan kalimat nomor (5) agar menjadi kalimat efektif adalah ….

A.      Indonesia memiliki beraneka ragam suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.

B.      Indonesia memiliki beragam suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.

C.      Indonesia memiliki beragam suku bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.

D.      Indonesia memiliki banyak  suku-suku bangsa dan agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.

E.      Indonesia memiliki beragam suku-suku bangsa dan macam-macam agama yang masing-masing mempunyai budaya sendiri-sendiri.

 

 

 

34.  Cermati teks berikut!

(1)Tomat merupakan buah yang sarat khasiat. (2) Tomat dapat mencegah penyakit kekurangan vitamin. (3) Tomat juga dapat mencegah kangker usus besar dan kangker paru-paru. (4) Selain itu, tomat dapat menyembuhkan sariawan dan gangguan pencernaan. (5) Jadi, jelaslah bahwa  tomat mengadung banyak khasiat.

Kata tidak baku pada teks tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.      (5)

 

35.  Cermati teks berikut!

Masa remaja sangat identik dengan masa yang cukup sulit karena memerlukan pendampingan yang lebih intensif dibandingkan saat masa anak-anak. Lingkungan keluarga maupun sekolah hendaknya menjadi pendamping dan pembimbing yang baik agar perilaku remaja dapat terarah ke hal yang positip. Apabila masa remaja diisi dengan kegiatan ke arah yang positif maka prestasi dan kesuksesan akan mudah diraih. Pendidikan karakter mampu membentuk remaja hingga berprestasi

Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan dalam teks tersebut adalah ….

A.      intensiv

B.      positif

C.      kearah

D.      di bandingkan

E.      peri laku

 

36.  Cermati teks berikut!

Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru banyak negara telah melakukannya seperti Brasil Pakistan Nigeria Jerman dan baru-baru ini Israel

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk teks tersebut adalah ...

A.      Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.

B.      Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil Pakistan, Nigeria, Jerman dan baru-baru ini Israel.

C.      Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru, banyak negara telah melakukannya, seperti, Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman dan baru-baru ini Israel.

D.      Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru. Banyak negara telah melakukannya, seperti Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.

E.      Pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu fenomena baru, banyak negara telah melakukannya seperti, Brasil, Pakistan, Nigeria, Jerman, dan baru-baru ini Israel.

 

37.  Cermati teks berikut!

Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, inofatif, dan produktif.

Perbaikan kesalahan penggunaan kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....

A.      kwalitas

B.      sistim

C.      kreatip

D.      inovatif  

E.      produktip

 

38.  Cermati teks berikut!

GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. Salah satu kegiatan di dalam gerakan tersebut adalah “kegiatan 15 menit membaca buku nonpelajaran sebelum waktu belajar dimulai”. [....] Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik. Untuk itu diperlukan kerja sama semua pemangku kepentingan di bidang pendidikan.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah …

A.    Nilai-nilai budi pekerti dalam buku yang dibaca patut diketahui oleh peserta didik untuk penguatan pendidikan karakter.

B.      Buku bacaan yang dibaca berupa novel, majalah, cerpen, ada juga buku bergambar yang meninjang pendidikan karakter.

C.      Kegiatan membaca sangat disukai oleh peserta didik karena mereka bisa berpetualang secara tak langsung melalui buku.

D.      Guru jam pertama bertugas mendampingi peserta didik membaca buku dan membahas nilai-nilai yang terkandung dalam buku bacaan peserta didik

E.      Kegiatan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca agar pengetahuan dapat dikuasai secara lebih baik.

 

39.  Cermati teks berikut!

"Dari tujuh anak mereka, adalah Sie Sie anak tertua, gadis remaja usia enam belas. Mekar menjadi kembang daerah kumuh itu, rambutnya panjang, tinggi semampai, berkulit putih, berlesung pipi, dan amboi manis sekali senyumnya. Kalau kau bertemu dengan Sie di oplet, tidak akan menyangka dia amoy dari keluarga miskin atau gadis remaja yang setiap hari harus bekerja keras, mengurus enam adik sejak subuh buta sampai larut malam saat adiknya yang masih bayi jatuh tertidur."

                                                                      Sepotong Hati yang Baru  oleh Tere Liye

 

Ringkasan isi kutipan novel tersebut adalah ...

A.      Sie Sie gadis remaja, tinggi semampai, berlesung pipi, dan manis wajahnya.

B.      Sie Sie gadis remaja, anak tertua yang bekerja keras mengurus enam adiknya.

C.      Sie Sie gadis amoy berusia enam belas tahun, berambut lurus, tinggi semampai.

D.      Sie Sie gadis berkulit putih yang menjadi kembang daerah kumuh itu manis sekali.

E.      Sie Sie gadis remaja yang sering dijumpai di oplet adalah seorang pekerja keras.

 

40.  Cermati teks prosedur berikut!

CARA MUDAH MEMBUAT BLOG GRATIS

1)      Masuk ke link www.wordpress.com

2)      Tulis nama blog yang ingin Anda gunakan di kolom yang muncul dan kemudian klik atau enter buat situs web

3)      Isi kolom formulir yang muncul secara otomatis setelah Anda menulis nama blog

4)      Pastikan bahwa Anda mendapat tanda centang berwarna hijau dan bukan merah, tetapi jika yang muncul adalah merah, berarti nama tersebut sudah dipakai dan Anda harus mencari alternatif nama lain.

5)      Scroll down dan klik tombol buat blog.

6)      Lakukan penyesuaian terhadap blog sesuai kebutuhan dan tujuan Anda.

7)      [....]

8)      Apabila aktivasi berhasil, akun akan otomatis langsung aktif dan Anda akan menerima email pemberitahuan.

9)      [....]

Langkah prosedur yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah ....

A.    (7) Buka email yang Anda gunakan untuk registrasi dan klik aktivitasi email.

(9) Blog sudah siap untuk digunakan.

B.    (7) Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email.

(9) Email pun siap digunakan.

C.    (7) Tulis tujuan Anda dengan singkat dan klik aktivasasi email

(9) Aktivasi memakan waktu yang lama

D.    (7) Buka blog Anda untuk memulai regristasi dan klik aktivasi email

(9) Registrasi siap dilakukan.

E.     (7) Buka email dan isilah blog Anda untuk regristrasi dan klik aktivasi email.

(9)Email pemberitahuan akan dikirimkan.

 

B.      ESSAY

41.  Cermati teks berikut!

Imbauan pemerintah daerah (1) agar masyarakat mau menjaga  taman kota  dan menjaga kebersihan di bantaran sungai kurang mendapat  perhatian masyarakat kota. Mereka menganggap (2) walaupun  menjaga  taman kota  dan bantaran sungai  adalah tugas karyawan dinas pertamanan (3) padahal dinas kebersihan. Mereka kurang menyadari (4) bahwa tugas  tersebut merupakan tugas seluruh warga kota. Untuk  itu, perlu diadakan  kegiatan penyuluhan (5) agar mereka memahami tugas tersebut.

Kesalahan penggunaan konjungsi pada teks tersebut ditandai dengan nomor ....

 

 

 

 

42.  Cermati kalimat berikut!

Indonesia memiliki ragam suku yang melimpah. Salah satu sukunya adalah suku betawi. Suku yang mayoritas penduduknya bertempat tinggal di jakarta ini, sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda.

Penggunaan huruf kapital yang salah terdapat pada kata…

 

43.  Cermati teks iklan berikut!

Deterjen Kinclong ahlinya mencuci. Bandingkan kualitas produk ini dengan yang lain. Aromanya tidak seperti deterjen lain. Satu takar Kinclong dapat hilangkan pakaian bernoda.

 

44.  Cermati kutipan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan berikut!

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Atas Perhatiannya, saya ucapkan terima kasih banyak.

Penulisan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut salah, tuliskan perbaikannya!

 

45.   Cermati penulisan daftar pustaka berikut!

Aksan, Hermawan. 2011, Proses Kreatif Menulis Cerpen, Bandung, Nuansa.                                

Perbaikan tanda baca pada daftar pustaka tersebut yang tepat adalah ...

 

Untuk melihat kunci jawaban

silahkan klik disini

 

Post a Comment for "PREDIKSI US BAHASA INDONESIA SMA/SMK 2021-2022"