Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOAL Try OUT Bahasa Indonesia 2020

1.
Cermati teks berikut!

Ada empat unsur yang menjadi pembangun wacana iklan, yaitu pengiklan, barang atau jasa yang diiklankan, iklan, dan sasaran iklan. Termasuk di dalam unsur pengiklan adalah pihak yang punya produk barang jasa yang diiklankan dan biro jasa periklanan atau pembuat iklan. Masing-masing subunsur itu biasanya hadir dengan keperluannya masing-masing. Pemasang iklan hadir dengan keperluan agar produk, jasa, atau imbauan-imbauannya dapat sampai ke sasaran iklan secara efektif, yaitu tidak saja agar mereka membaca, mendengar, memahami, tetapi juga agar mereka mengonsumsi atau melakukan aksi tertentu yang dikehendaki. Dari kacamata pemasang iklan ini, efektivitas iklan dilihat seberapa kuat reaksi positif terhadap iklannya.

Ide pokok teks tersebut adalah ….
A .
unsur pembangun iklan
B .
efektifitas pemasangan iklan
C .
barang jasa yang diiklankan
D .
kepentingan pemasang iklan
E .
pengguna iklan layanan
2.
Cermati teks berikut!

Jika Pemerintah tidak cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan Sumatra akan diikuti oleh musnahnya hutan Kalimantan. Pengelolaan hutan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Sebaliknya, kecenderungannya justru semakin memburuk. Kebakaran hutan masih terus terjadi dan penebangan liar semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut jelas menambah suram nasib hutan.
Kondisi hutan Indonesia benar-benar sudah memprihatinkan. Dalam kurun waktu lima puluh tahun, hutan alam Indonesia mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah di Sulawesi telah memusnahkan keanekaragaman hayati. Berjuta-juta spesies flora dan fauna musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan menambah masalah kerusakan hutan. Munculmya El Nino memperburuk kondisi hutan.

Simpulan teks tersebut adalah ….
A .
Penebangan  liar yang semakin meningkat menjadikan hutan Indonesia kehilangan berjuta spesies flora dan fauna.
B .
Kondisi hutan Indonesia yang sudah memprihatinkan akan semakin musnah jika Pemerintah tidak bertindak cepat.
C .
Hutan Indonesia yang kaya akan keragaman hayati akan tinggal nama jika  tidak dikelola dengan baik.
D .
Pembakaran hutan yang dilakukan menambah rusaknya hutan Indonesia yang sudah memprihatinkan.
E .
Seiring bertambahnya tahun maka kerusakan hutan Indonesia semakin parah jika tidak dicegah.

3.
Cermati teks berikut!

Mendengar kata banjir memang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir.

Makna istilah yang bercetak miring pada teks tersebut adalah ….
A .
penipisan dan penimbunan
B .
penyusutan dan perusakan
C .
pengikisan dan pengendapan
D .
pengikisan dan penumpukan
E .
penyusutan dan pemadatan
4.
Cermati teks berikut!

Upaya menumbuhkan budaya membaca di kalangan generasi muda tidak hanya menjadi tugas sekolah, peran keluarga juga penting untuk memupuk minat baca anak. Literasi memiliki banyak dimensi, literasi keluarga, sekolah, dan masyarakat. Jadi tidak hanya peran sekolah, namun juga masyarakat dan keluarga. Di keluarga, kesempatan baik orang tua memberikan contoh dengan baik. Orang tua yang biasa membacakan cerita kepada anak-anaknya, adalah contoh baik yang bisa diterapkan oleh semua keluarga. Jika perlu, para orang tua diajar cara mengajarkan membaca dan membacakan cerita kepada anak-anaknya. Perlu ditekankan juga pentingnya memahami apa yang dibaca, bukan sekadar membaca. Jadi, membaca berbeda dengan mengenal huruf-huruf, tetapi membaca adalah memahami kalimat-kalimat yang dibaca.

Inti kalimat kompleks yang bercetak miring pada teks tersebut adalah ….
A .
budaya membaca generasi muda
B .
tugas sekolah menumbuhkan budaya membaca
C .
peran keluarga memupuk minat baca
D .
peran keluarga penting
E .
budaya membaca generasi muda

5.
Cermati teks berikut!

Dimulainya uji coba resmi kereta Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, ibarat melonggarkan leher botol yang sempit. Kebutuhan akan kereta ini memang begitu mendesak, sebab lalu lintas manusia dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta mencapai 60 juta orang per tahun. Bila hanya bersandar pada mobil, tol yang merupakan akses utama menuju bandara merupakan ruas yang sangat rawan macet. Belum lagi jika terjadi insiden di ruas itu, kesemrawutan lalu lintas bisa berdampak hingga Jakarta. Kita pun terlihat sebagai negara yang gagap menangkap buah industri pariwisata.


Tanggapan logis terhadap isi teks tersebut adalah …
A .
Sarana transportasi yang nyaman dan aman tampaknya masih menjadi bahan pemikiran yang sulit diwujudkan.
B .
Sarana transportasi yang memadai akan menjadi ukuran bagi para turis yang akan datang ke negara kita.
C .
Pelayanan untuk penumpang kereta api yang akan menuju bandara harus lebih diperhatikan karena sudah mengeluarkan biaya mahal.
D .
Kereta khusus menuju bandara sebenarnya tidak menjadi kebutuhan khusus karena masih ada sarana trasnportasi lain.
E .
Sudah menjadi keharusan adanya sarana angkutan yang langsung menuju bandara agar terbebas dari kemacetan.
6.
Cermati teks berikut!

(1)       Pembelajaran bahasa yang baik dapat melahirkan peserta didik yang terampil menggunakan bahasa secara baik. (2) Pembelajaran bahasa yang baik dapat menghadirkan pengalaman estetik. (3) Selain itu, dapat pula mengembangkan kemampuan bahasa peserta didik, sekaligus mendorong peserta didik untuk gemar membaca.  (4) Banyak penelitian yang membuktikan bahwa peserta didik yang kemampuan bahasanya tinggi adalah mereka yang banyak membaca.  (5) Jadi, Ada hubungan yang erat antara kebiasaan membaca dengan peningkatan kecerdasan bahasa.

Bukti kalimat simpulan pada teks tersebut diberi tanda dengan nomor ….
A .
(5)
B .
(4)
C .
(3)
D .
(2)
E .
(1)

7.
Cermati teks berikut!

(1)      Persoalan sampah masih ditangani secara sektoral, belum menjadi perhatian apalagi menjadi gerakan sosial kemasyarakatan. (2) Kebijakan pemerintah untuk mengurangi penggunaan plastik juga belum sepenuhnya berhasil. (3) Pola plastik berbayar di supermarket belum efektif. (4) Jauh lebih efektif jika pemerintah membatasi keberadaan industri plastik atau mulai diperkenalkan plastik yang bisa didaur ulang. (5) Terus terang dikatakan bahwa sampah plastik di pantai sesungguhnya menjadi masalah bersama umat manusia.

Maksud kalimat nomor (3) pada teks tersebut adalah ….
A .
Konsumen yang berbelanja di supermarket tidak keberatan untuk membayar biaya kantong plastik karena mereka merasa lebih bergengsi
B .
Walaupun supermarket telah membebankan harga untuk setiap kantong plastik yang dipakai, konsumen pada umumnya tetap memilih menggunakan kantong plastik daripada membawa tas belanja sendiri
C .
Penggunaan kantong plastik di supermarket masih tetap digunakan karena mereka merasa beratanggung jawab untuk menyediakan tempat bagi belanjaan para konsumen yang telah berbelanja
D .
Kantong plastik tampaknya tidak bisa digantikan dengan yang lain karena baik pengelola supermarket maupun konsumen menganggap penggunaan kantong plastik lebih praktis dan mudah
E .
Biaya yang dikeluarkan oleh konsumen untuk menggantikan kantong plastik yang dipakai saat berbelanja di supermarket tidak dipermasalahkan karena konsumen sanggup untuk membayarnya
8.
Cermati teks berikut!

(1)  Bagian dalam iklan, secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua bagian pokok, yaitu bagian deskripsi dan bagian direktif. (2) Dalam iklan-iklan panjang, misalnya iklan dalam bentuk advertorial, bagian deskripsi lebih dominan daripada bagian direktifnya. (3)  Bahkan, bagian direktifnya sering kali juga ditiadakan. (4) Iklan seperti itu umumnya ditujukan kepada konsumen yang telah mem­punyai kematangan analisis sehingga makna imperatif dari iklan itu dapat dibangun sendiri dengan mengembangkan hubungan kausalitas dari fakta yang diuraikan dalam iklan. (5) Dalam iklan-iklan pendek, biasanya bagian direktif menjadi lebih dominan kecuali jika makna direktifnya dapat dipahami secara mudah atau telah menjadi pemahaman bersama.

Kalimat nomor (2) dan (3) dalam teks tersebut menunjukkan hubungan ….
A .
pemilihan
B .
penjelasan
C .
penguatan
D .
perbandingan
E .
sebab-akibat

9.
Cermati teks berikut!

Indonesia memiliki ribuan objek wisata yang indah dan belum dikelola sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.  Dengan ribuan “surga yang tersembunyi”, pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini. Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organizationkedatangan 25 juta pelancong pada 2012.  Ini menempatkan Malaysia pada peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak.

Pandangan penulis yang terdapat dalam teks tersebut adalah ...
A .
Indonesia memiliki ribuan objek wisata yang indah dan belum dikelola sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan
B .
Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia
C .
Prancis  mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu dan jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia
D .
Dengan banyaknya objek wisata, pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini
E .
Malaysia menempati peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak
10.
Cermati teks berikut!

        Kejahatan narkoba dan korupsi semakin punya kemiripan. Di soal korupsi, pengungkapan kasus dugaan rasywah bahkan operasi tangkap tangan (OTT) terus dilakukan KPK, kejaksaan, dan polisi. Namun, nyatanya korupsi belum juga menampakkan tanda-tanda bakal habis. Praktik korupsi tetap tumbuh sekalipun upaya untuk membunuhnya sudah berdarah-darah.
       Begitu pula untuk soal narkoba. Berita penggerebekan narkoba dan penangkapan bandar oleh kepolisian ataupun Badan Narkotika Nasional (BNN) hampir setiap hari kita dengar. Namun, persis seperti korupsi, nyatanya bisnis narkoba tetap hidup dan senantiasa mengincar pasar Indonesia. Perang terus dilakukan, tapi peredaran narkoba semakin liat dan sulit dihentikan.
                                                    
Ringkasan teks tersebut adalah ….
A .
Upaya yang dilakukan pihak berwajib dalam memberantas kejahatan korupsi dan narkoba tidak kenal lelah.
B .
Pihak berwajib dalam memberantas korupsi dan narkoba patut mendapat dukungan semua pihak agar kedua kejahatan tersebut tuntas.
C .
Pemberantasan narkoba dilakukan pihak berwajib hampir sepanjang waktu, kenyatannya bisnis narkoba tetap hidup.
D .
Kejahatan korupsi terus menerus diberantas pihak KPK dan berwajib, kenyataannya korupsi tetap ada.
E .
Kejahatan narkoba dan korupsi semakin punya kemiripan, keduanya tetap tumbuh sekalipun upaya pemberantasan sudah dilakukan.

11.
Cermati kutipan novel berikut!

(1) Oma sedang membersihkan ruang depan resor saat aku pulang. (2) Setua itu Oma tetap menyibukkan diri. (3) Apalagi belakangan, kesibukan fisik dapat membantu banyak memutus kesibukkan hati memikirkan banyak hal, pikiran yang hanya mengundang kesedihan. (4) Sakura ada di teras. (5) Duduk di atas kursi rodanya. (6) Menghadap hutan buatan, membaca buku pelajaran. (7) Buku matematika. (8) Aku menyeringai. (9) Pasti di dalamnya terselip komik. (Sunset Bersama Rosie: Tere Liye)

Bukti watak tokoh Sakura yang suka berpura-pura  dalam kutipan novel tersebut terdapat pada kalimat nomor ...
A .
(9)
B .
(8)
C .
(2)
D .
(3)
E .
(6)
12.
Cermati kutipan novel berikut!

(1). Aku sempat ragu-ragu. (2) Benar juga, tetapi Ayah dan Ibu terlihat di ujung peron, bersama keramaian penjemput. (3) Ibu berlari-lari kecil mendekat, dan sebelum aku sempat mencium tangannya, Ibu sudah memelukku erat. (4) Mencium pipi, dahi, rambut, seperti sudah bertahun-tahun tidak melihatku. (5) Matanya basah, wajahnya cerah oleh rasa senang. (6) Aku malu dipeluk di tengah keramaian, berusaha melepaskan tangan Ibu. (7) “Kau bertambah tinggi Dam.” Ibu terpesona menatapku dari ujung rambut ikal hingga sepatu kets. (Tere Liye: Ayahku (Bukan) Pembohong

Kalimat yang membuktikan latar tempat di sebuah stasiun kereta api dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A .
(3)
B .
(2)
C .
(5)
D .
(7)
E .
(6)

13.
Cermati kutipan puisi berikut!
MALU (AKU) JADI ORANG INDONESIA
Taufik Ismail
….
Langit langit akhlak rubuh, di atas negeriku berserak-serak
Hukum tak tegak, doyong berderak-derak
Berjalan aku di Roxas Boulevard, Geylang Road, Lebuh Tun Razak,
Berjalan aku di Sixth Avenue, Maydan Tahrir dan Ginza
Berjalan aku di Dam, Champs Elysees dan Mesopotamia
Di sela khalayak aku berlindung di belakang hitam kacamata
Dan kubenamkan topi baret di kepala
Malu aku jadi orang Indonesia.

Amanat kutipan puisi tersebut adalah …..
A .
Gunakanlah topi dan kacamata hitam untuk berlindung jika bepergian.
B .
Menabunglah agar bisa berwisata ke luar negeri untuk menimba pengalaman.
C .
Martabat bangsa harus ditegakkan  agar kita tidak malu di mana pun berada.
D .
Janganlah malu untuk memperkenalkan Indonesia jika kita berwisata ke luar negeri
E .
Indonesia itu indah dengan panorama alamnya maka tak perlu berjalan-jalan ke luar negeri
14.
Cermati kutipan novel berikut!

Kemarau adalah ular tedung yang mendesis-desiskan panas siang itu sehingga mampir untuk berteduh dua penegak hukum, Ajun Inspektur Syaiful Buchori dan Sersan Sulaiman, di warung es kelapa muda Hamidin Hamzah. Mereka duduk berhadapan, minum es sambil membicarakan laporan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten tadi pagi bahwa semalam kantornya dibobol maling. Barang-barang elektronik amblas termasuk sebuah corong TOA. (Sirkus Pohon: Andrea Hirata)


Majas yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ….
A .
antitesis
B .
tautologi
C .
asosiasi
D .
metafora
E .
repetis

15.
Cermati kutipan novel berikut!

Kuhirup tegukan tiwusku yang pertama…, di benakku membayang wajah Ben. Saat dia datang kepadaku bersama setumpuk ide cemerlang mengenai kedai ini. Dua tahun yang lalu.
            Kuhirup tegukanku yang kedua…, membayanglah potongan-potongan gambar, kerja keras kami berdua. Modal pas-pasan. Uang nyaris tak tersisa. Semuanya dikorbankan habis-habisan unuk tempat ini. Membayang wajah Ben yang seperti gelandangan ketilka pulang dari tur kopinya ke Eropa. Aku tersenyum, dia memang manusia gigih. (Dewi Lestari: Filosofi Kopi)

Hubungan antarunsur intrinsik dalam kutipan novel tersebut adalah …
A .
Tema cerita tentang kegigihan berusaha berkaitan dengan kehidupan sehari-hari bahwa pencinta kopi itu ada.
B .
Penokohan yang berhubungan dengan cara bercerita si pengarang yang menggunakan cara orang ketiga.
C .
Amanat yang berhubungan dengan tema cerita bahwa membuka usaha membutuhkan modal keterampilan.
D .
Alur cerita menggambarkan perjalanan usaha sang tokoh dengan latar tempat kedai kopi mereka.
E .
Watak tokoh yang gigih dalam membuka usaha dengan alur cerita yang menggambarkan perjalanan usaha sang tokoh.
16.
Cermati kutipan novel berikut!

Retro masih menatapku tidak percaya. Aku sudah melambaikan tangan ke serombongan teman yang baru bergabung, menyilakan mereka mengambil tempat sembarang. Semakin lama kamarku semakin riuh, apalagi aku mengarang sudah dapat izin khusus untuk menggelar pesta ulang tahun Retro, tidak usah takut, silakan ribut semau-maunya.Teman-teman menyanyikan lagu ulang tahun kencang-kencang, bertepuk tangan, tertawa menyiram Retro dengan air minum, saling lempar kue tar. Maka hanya soal waktu, lampu kamar kami yang masih menyala sendirian dengan cepat menarik perhatian petugas yang berjaga.
Pintu kamar diketuk, salah satu guru berdiri di lorong dengan wajah masam. “Siapa pemilik kamar ini. Kepala sekolah menunggu kau di ruangannya.” (Tere Liye: Ayahku (Bukan) Pembohong)

Penyebab konflik dalam kutipan tersebut adalah ….
A .
mengadakan pesta tanpa izin
B .
lampu yang menyala hingga malam
C .
keriuhan saat pesta ulang tahun
D .
keributan di sebuah kamar
E .
petugas yang membubarkan pesta

17.
Cermati kutipan  novel  berikut!

Satu semester kemudian, aku kembali ke Bandung. Aku ingat sekali waktu aku melenggang turun dengan langkah ringan dari pesawat Singapore Airlines yang membawaku dari Changi. Aku merasa menjelma seperti tokoh utama di film Hollywood yang melangkah gagah menuruni tangga pesawat dengan slow motion. Ujung-ujung rambut berkibar-kibar ditiup angin dan musik yang megah mengiringi. Inilah aku, seorang anak kampung, yang telah melanglang separuh dunia dengan tanpa membayar sepeser pun. Inilah aku, mahasiswa yang menjadi kolumnis tetap di media dan telah sukses membiayai hidup dan kuliah sendiri. Belum pernah rasanya aku sepercaya diri ini. (Rantau 1 Muara: A. Fuadi)
                                                                                                           
Kaitan isi kutipan novel tersebut dengan kehidupan saat ini adalah ...
A .
Manfaatkan masa muda untuk berkeliling dunia
B .
Jadilah orang yang mandiri dan percaya diri
C .
Bekerjalah sesuai dengan keterampilan yang dimiliki
D .
Berkhayal menjadi orang terkenal dapat memotivasi diri
E .
Dalam hidup harus berhemat untuk bekal masa depan
18.
Cermati dua kutipan puisi berikut!

PUISI 1
….
bila kasihmu ibarat samudra
sempit lautan teduh
tempatku mandi, mencuci lumut pada diri
tempatku berlayar, menebar pukat dan melempar sauh
lokan-lokan, mutiara dan kembang laut semua bagiku
kalau ikut ujian lalu ditanya tentang pahlawan
namamu ibu, yang kan kusebut paling dahulu
lantaran aku tahu
engkau ibu dan aku anakmu

bila aku berlayar lalu datang angin sakal
Tuhan yang ibu tunjukkan telah kukenal

Ibulah itu, bidadari yang berselendang bianglala
sesekali datang padaku
menyuruhku menulis langit biru
dengan sajakku.

PUISI 2

Kau Adalah Malaikat untukku
Puisi untuk ibu karya “Rahyadi”
Ibu
Engkau adalah malaikat bagiku
Sebelum lahirpun engkau sudah memberikan cintamu
Cintamu untukku yang membuatmu bertaruh nyawa

Ibu
Engkau malaikat bagiku
Engkau berani sirna hanya untukku
Berkorban nyawa untuk anakmu

Oh, Ibu
Engkau adalah malaikat bagiku
Seorang hawa yang dikirim Tuhan untuk menjagaku
   Engkaulah malaikat tanpa sayap

Persamaan amanat kedua kutipan puisi tersebut adalah ....
A .
ajarilah kesantunan sejak masa kanak-kanak
B .
kasih ibu tidak dapat diukur dengan apa pun
C .
sayangi dan hormati ibu
D .
jadilah seorang ibu yang dirindukan anaknya
E .
berbuat baiklah pada setiap wanita

19.
Cermati teks berikut!

Dari […] sederhana, redaksi Greenacehnews sependapat dengan sebagian masyarakat yang meminta Aceh tanpa tambang. Lebih baik tambang Aceh itu disimpan saja dulu untuk kepentingan di masa yang akan datang. Jangan [...] secara membabi buta seperti saat ini. Tidak ada keuntungan apapun bagi masyarakat Aceh secara khusus dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Istilah yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada teks tersebut adalah ....
A .
diagnosis, diekspos
B .
studi, diekspor
C .
diagnosis, dieksplorasi
D .
analisis, dieksploitasi
E .
kajian, dieksekusi
20.
Cermati pantun berikut!

Nangka muda digulai lemak
Buah keranji masak tersangkut
Harta dunia jangan ditamak
[…]

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
A .
Bila mati tidak mengikut
B .
Berkata benar janganlah takut
C .
Sampah menumpuk segera diangkut
D .
Tenanglah jangan sikut menyikut
E .
Jadi orang jangan penakut 

21.
Cermati kutipan cerpen berikut!

(1)     Seminggu kemudian, Aku melihat daftar siswa yang diterima berdasarkan NEM.
(2)     Benar juga.
(3)     Aku berada di urutan ke-90 dari 100 siswa yang diterima.
(4)     Sepertinya perjuangan akan menjadi sangat berat.
(5)     NEM milikku yang menduduki 5 besar dari lima SD dari sebuah kecamatan kecil tidak ada apa-apanya.
(6)     Aku menarik napas panjang.
 (Rival: Zeta Rider)

Urutan peristiwa tersebut agar dapat membentuk cerita padu adalah …
A .
(3), (4), (2), (5), (1), (6)
B .
(2), (1), (5), (3), (6), (4)
C .
(4), (2), (5), (1), (6), (3)
D .
(4), (3), (2), (1), (6), (5)
E .
(5), (3), (4), (1), (2), (6)
22.
Cermati teks berikut!

Cerita  film “5 Elang”  sangat mudah dicerna. Film ini sangat cocok untuk keluarga maupun anak-anak karena ceritanya mudah dipahami. Film ini mengajarkan budaya cinta lingkungan seperti saat Rusdi berkata, “ Maaf, kertasnya kecil penghematan buat pohon.” Akting pemain  cukup apik dan natural. Film ini dibintangi oleh anggota Coboy Junior yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemarnya.

Isi kutipan teks ulasan tersebut membahas keunggulan film tentang ...
A .
keberani akting pemain dalam memerankan berbagai adegan.
B .
artis cilik yang menjadi bintang merupakan  artis di dunia perfilman.
C .
nilai-nilai pendidikan yang sarat dalam film “5 Elang”.
D .
alur cerita yang penuh dengan tantangan sehingga menarik perhatian penonton.
E .
tema film “5 Elang” tentang kehidupan keseharian artis cilik yang terkenal.

23.
Cermati teks berikut!

Langkah-langkah membuat poster
(1)     Tuliskan dengan huruf besar dan menggunakan warna yang menarik untuk kesempurnaan poster.
(2)     Susun kalimat dengan singkat, padat, dan jelas sesuai tema dan ukuran.
(3)     Pilih gambar yang menarik dan mudah diingat sesuai tema dan kalimat yang dibuat.
(4)      Pilihlah ukuran yang dikehendaki sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.
(5)     Tentukan tema dan tujuan dari poster yang akan dibuat.


Urutan yang tepat prosedur membuat poster adalah ….
A .
(5), (1), (4), (3), (2)
B .
(4), (5), (3), (2), (1)
C .
(3), (4), (2), (1), (5)
D .
(5), (4), (2), (3), (1)
E .
(2), (1), (5), (3), (4)
24.
Cermati teks berikut!
(1)  Seperti biasa, banjir dan tanah longsor selalu menghadirkan kesulitan dan kesusahan bagi warga karena wilayah permukiman mereka berubah menjadi kolam. (2) Untuk tahun ini, BMKG memprediksi musim hujan akan berlangsung dari bulan ini hingga Januari tahun depan. (3) Sayangnya, sekalipun sudah jelas, langkah-langkah yang diambil pemerintah di berbagai level cenderung tidak sepenuh tenaga. (4) Artinya, masyarakat di daerah rawan banjir dan tanah longsor mulai waswas. (5) Warga harus hidup di pengungsian dan aktivitas kehidupan akan tersendat karena seluruh akses ke luar kawasan tempat tinggal mereka tertutup oleh banjir.

Kalimat yang menggunakan kata bersinonim dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ….
A .
(3)
B .
(2)
C .
(1)
D .
(4)
E .
(5)

25.
Cermati kalimat kompleks berikut!

Dalam era digital, teknologi bahasa membantu manusia dalam berkolaborasi, berbisnis, berbagi pengetahuan, dan berpartisipasi dalam perdebatan sosial dan politik terlepas dari permasalahan bahasa dan keahlian menggunakan komputer.

Variasi kalimat yang semakna dengan kalimat tersebut adalah …
A .
Manusia dibantu teknologi bahasa dalam berkolaborasi, berbisnis, berbagi pengetahuan, dan berpartisipasi dalam perdebatan sosial dan politik terlepas dari permasalahan bahasa dan keahlian menggunakan komputer di era digital.
B .
Teknologi bahasa dibantu manusia dalam berkolaborasi, berbisnis, berbagi pengetahuan, dan berpartisipasi dalam perdebatan sosial dan politik terlepas dari permasalahan bahasa dan keahlian menggunakan komputer di era digital.
C .
Dalam era digital untuk  berkolaborasi, berbisnis, berbagi pengetahuan, dan berpartisipasi dalam perdebatan sosial dan politik terlepas dari permasalahan bahasa dan keahlian menggunakan komputer maka teknologi bahasa terbantu peran manusia.
D .
Dalam berkolaborasi, berbisnis, berbagi pengetahuan, dan berpartisipasi dalam perdebatan sosial dan politik terlepas dari permasalahan bahasa dan keahlian menggunakan komputer di era digital ini manusia sangat membantu teknologi.
E .
Dalam era digital, teknologi bahasa membantu manusia dalam berkolaborasi, berbisnis, berbagi pengetahuan, dan berpartisipasi dalam perdebatan sosial dan politik jika manusia memiliki keahlian dalam berbahasa dan menggunakan komputer.
26.
Cermati kalimat-kalimat berikut!

(1)     Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan nilai tukar rupiah kian merosot terhadap dolar.
(2)     Mata uang beberapa negara berkembang umumnya adalah mata uang tipe ini, sedang mata uang negara maju seperti Amerika Serikat disebut hard currency karena kemampuannya untuk memengaruhi nilai mata uang yang lebih lemah.
(3)     Ketika terjadi krisis Subprime Mortgage di Amerika Serikat, rupiah sempat terkena imbasnya.
(4)     Penyebab rupiah itu termasuk soft currency, yaitu mata uang yang mudah berfluktuasi ataupun terdepresiasi karena perekonomian negara asalnya relatif kurang mapan.
(5)     Dalam sepekan terakhir nilai tukar rupiah tercatat terus anjlok.

Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu adalah ....
A .
(5), (1), (4), (2), (3)
B .
(4), (3), (1), (2), (5)
C .
(3), (1), (5), (2), (4)
D .
(2), (3), (1), (4), (5)
E .
(1), (3), (5), (2), (4)

27.
Cermati teks berikut!

Tingkat kemiskinan di Indonesia menjadi bahan penelaahan di Badan Pusat Statistik. Terakhir BPS memaparkan data angka kemiskinan di Indonesia pada September 2017 sebanyak 26,58 juta orang atau 10,12% dari total penduduk Indonesia. Angka tersebut mengalami perubahan jika dibandingkan dengan tingkat kemiskinan pada September 2015 sebanyak 28,51 juta orang (11,13%) dan posisi September 2016 sebanyak 27,76 juta orang (10,70%). Artinya, dalam kurun dua tahun terakhir (2015-2017), angka kemiskinan telah mengalami perubahan lebih dari 1%. Lantas, sudah memadaikah perubahan itu?

Simpulan teks tersebut adalah …
A .
Tingkat kemiskinan di Indonesia pada tahun 2017 lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
B .
Kemiskinan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami penurunan walaupun jumlahnya tidak signifikan.
C .
Tingkat kemiskinan di Indonesia dalam kurun waktu dua tahun terakhir mengalami penurunan sekitar 1% namun belum memadai.
D .
Persentase kemiskinan di Indonesia berfluktuasi sepanjang dua tahun terakhir sehingga tidak memadai.
E .
Penurunan tingkat kemiskinan belum memadai jika dibandingkan dengan pertambahan jumlah penduduk yang ada.
28.
Cermati tabel berikut!


Tabel Pengunjung
Perpustakaan SMK Nusantara
       
Simpulan isi tabel tersebut adalah …
A .
Kenaikan jumlah pengunjung dari TITL dan TP sama
B .
Jumlah pengunjung dari TP mengalami penurunan
C .
Kenaikan jumlah pengunjung paling banyak dari TKJ
D .
Kenaikan jumlah pengunjung paling sedikit dari TKR
E .
Tahun 2018 jumlah pengunjung dari TGB paling banyak

29.
Cermati teks berikut!

Bahasa Adang adalah bahasa yang (1) bertutur di wilayah kepala burung pulau Alor di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Saat ini bahasa Adang berpotensi terancam (2) rusak karena penuturnya yang tinggal di beberapa desa, seperti Adang Buom, Aimoli, Oamate, Alaang, dan sekitar Kalabahi menggunakan bahasa Indonesia secara meluas. Peningkatan potensi (3) keterancaman bahasa Adang disebabkan oleh generasi muda yang lebih memilih menggunakan bahasa Indonesia dalam keseharian mereka dibandingkan menggunakan bahasa daerah. Anak-anak sudah tidak dapat (4) mengerti bahasa Adang.  Selain itu, orang tua juga cenderung (5) menggunakan bahasa Indonesia dalam pola asuh anak-anak mereka.

Penggunaan kata yang salah pada teks tersebut ditandai dengan nomor …
A .
(1), (3)
B .
(2), (3)
C .
(1), (2)
D .
(3). (4)
E .
(4), (5)
30.
Cermati teks berikut!

(1)  Wajar kiranya jika penanggulangan banjir diharapkan lebih integratif atau efektif. (2) Tidak hanya diperlukan koordinasi di tingkat pelaksanaan, namun juga di tingkat perencanaan kebijakan. (3) Warga tentu ingin agar musibah itu tak separah seperti yang sudah-sudah. (4) Namun, keseriusan pemerintah, baik pusat maupun daerah, belum tampak untuk meminimalkan dampak dari potensi terjadinya banjir dan tanah longsor. (5) Di wilayah Jakarta yang menjadi langganan banjir, misalnya, proyek normalisasi Sungai Ciliwung masih 45% maka akibatnya, 28 kelurahan masih berpotensi terendam banjir.

Penggunaan konjungsi yang salah pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor….
A .
(1), (2)
B .
(2), (3)
C .
(2), (4)
D .
(3), (4)
E .
(4), (5)

31.
Cermati dua kutipan teks drama berikut!

TEKS 1
Kertajaya: Ceritakanlah apa yang engkau ketahui!
Pembawa Berita: Balantentara Tumapel menyerang Pager dan Kedungpluk, Prabu!
Kertajaya: Jadi bukan menyerang watas Kediri! Pager dan Kedungpluk masuk jajahan akuwu Janggala. Mengapa kami tadi mendengar kabar, bahwa balatentara Tumapel melampaui watas Kediri?
Pembawa Berita: Rupanya berita patik itu ditambahi orang
Kertajaya: Benarkah kamu berkata?
Pembawa Berita: Demi Mahadewa, Sang Prabu!
Kertajaya: Apa sebabnya Ken Arok merampas jajahan Janggala?
Pembawa Berita: Karena ia ingin menambah kekuasaan.
Kertajaya: Adakah lagi yang hendak kamu persembahkan kepada kami?
Pembawa Berita: Tidak ada lagi, Tuanku!
Kertajaya: Kamu akan dapat hukuman, kalau berita itu tidak benar. (Sanusi Pane: Kertajaya)

TEKS 2

EMMANUEL VALDEZ: Tak perlu berdebat dengan saya tentang hal itu. Saya bisa menerima siasat itu. Sudah jelas saya memihak sepenuhnya kepada cara perjuangan kita. Saya pun orang revolusioner. Tetapi, saya sebagai teman dekatnya mempunyai tanggung jawab moral untuk membebaskannya. Saya tidak setuju dengan dia, tetapi saya yakin bahwa ia bukan jenis orang yang berbahaya. Ia mewakili satu… gaya tertentu. Pendeknya, saya minta janjimu untuk tidak bertindak terhadap Jose Karosta.
JUAN FREDERICO: Tentu saja saya berjanji…. Gila! Untuk apa aku mesti bertindak sesuatu terhadap Jose Karosta? Aku bahkan sangat memerlukannya. Ia bahkan bisa menjadi menteri kebudayaan untuk pemerintahan baru yang akan kita dirikan. (Rendra: Mastodon dan Burung Kondor)

Perbedaan karakter tokoh pada kedua kutipan drama tersebut adalah ...
A .
Kertajaya berkarakter toleran, sedangkan Emmanuel Valdez tegas
B .
Kertajaya berkarakter tegas, sedangkan Emmanuel Valdez toleran
C .
Kertajaya berkarakter sombong, sedangkan Emmanuel Valdez supel
D .
Kertajaya berkarakter optimis, sedangkan Emmanuel Valdez labil
E .
Kertajaya berkarakter pendendam, sedangkan Emmanuel Valdez pesimis
32.
Cermati teks berikut!

Perang terhadap narkoba sepertinya akan menjadi perang yang tidak pernah akan berakhir. Dari hari ke hari, bulan ke bulan, dan tahun ke tahun gejala penyalahgunaan dan penyelundupan narkoba bukannya semakin menurun, melainkan justru semakin meningkat. […] pun berlangsung bukan sekadar dalam deret hitung, melainkan dalam deret ukur, secara eksponensial, sangat mengerikan dan masif. Terlalu mudah bagi kita, hari-hari ini, untuk menyebut contoh mengenai siapa, kapan, di mana, dan bagaimana penyalahgunaan dan penyelundupan narkoba berlangsung. Sepanjang tahun lalu, misalnya, tujuh artis di Tanah Air [...] terjerat kasus narkoba.

Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tersebut adalah ...
A .
meningkatnya, dilaporkan
B .
pemakaiannya, melapor
C .
penggunaannya, melaporkan
D .
peningkatannya, dilaporkan
E .
peningkatannya, terlapor

33.
Cermati teks berikut!

Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah mau dijadikan taman nasional oleh pemerintah.

Perbaikan kalimat tidak logis tersebut adalah …
A .
Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah ingin dijadikan taman nasional
B .
Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah ingin dijadikan taman nasional pemerintah
C .
Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah mau dijadikan taman nasional
D .
Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah akan dijadikan taman nasional oleh pemerintah
E .
Kepulauan Togean, Sulawesi Selatan memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah mau dijadikan taman nasional pemerintah
34.
Cermati teks berikut!

(1) Terminal Pulo Gebang atau dikenal juga dengan nama Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang adalah salah satu terminal bus tipe A yang terletak di Jakarta Timur.  (2) Penggunaan terminal ini telah diresmikan pada 28 Desember 2016. (3)  Terminal bus terbesar se-Asia Tenggara ini dirancang oleh arsitek Paul Tanjung Tan pada tahun 2000-an dan mulai dibangun beberapa tahun kemudian. (4) Jalur menuju tempat lokasi terminal ini sudah terpadu dengan jalur TransJakarta sehingga menambah kenyamanan naik turun para calon-calon penumpang. (5) Terminal ini menyediakan fasilitas transportasi cukup lengkap bagi calon penumpang yang membutuhkan pelayanan bus antarkota.

Perbaikan kalimat nomor (4) pada teks tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah …
A .
Jalur menuju terminal ini sudah terpadu dengan jalur TransJakarta sehingga menambah kenyamanan naik turun calon penumpang
B .
Jalur menuju tempat terminal ini sudah terpadu dengan jalur TransJakarta sehingga menambah kenyamanan naik turun para calon-calon penumpang
C .
Jalur menuju lokasi terminal ini sudah terpadu dengan jalur TransJakarta sehingga menambah kenyamanan naik turun para calon-calon penumpang
D .
Jalur menuju terminal ini sudah terpadu dengan jalur TransJakarta sehingga menambah kenyamanan naik turun para calon-calon penumpang
E .
Jalur menuju tempat lokasi terminal ini sudah terpadu dengan jalur TransJakarta sehingga menambah kenyamanan naik turun calon penumpang

35.
Cermati teks berikut!

(1) Rakyat mestinya melek, bisa membedakan mana hoaks, mana fakta. (2) Rakyat semestinya tak lekas percaya dengan berita bohong dan ikut-ikutan menyebarkannya. (3) Rakyat seharusnya ikut aktip dan partisipatif melaporkan berita bohong dan provokatif kepada penegak hukum. (4) Publik mesti membuktikan bahwa negara ini menolak pembodohan dan pembunuhan akal sehat. (5) Jika fenomena hoaks ini terus dibiarkan, yang dipertaruhkan bukan saja kedamaian sosial, melainkan juga produktivitas dan kemajuan bangsa.
Kata tidak baku pada teks tersebut terdapat dalam kalimat nomor ....
A .
(3)
B .
(4)
C .
(5)
D .
(1)
E .
(2)
36.
Cermati teks berikut!

Proyek kereta Bandara Soekarno-Hatta di jalankan dengan investasi PT Railink, PT Kereta Api Indonesia (persero), dan PT Angkasa Pura II (persero). Ketidaksabaran warga untuk menggunakan proyek yang pengoperasiannya mundur dari jadwal 2014 itu terlihat langsung pada hari pertama uji coba, Selasa (26/12). Pada siang hari, antrean membeludak dan calon penumpang harus menunggu hingga 2,5 jam untuk naik kereta. Berbagai kendala dan kelambatan dalam proses pembelian tiket juga dikeluhkan.  Kelemahan tersebut ialah hal yang mutlak segera diperbaiki.


Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan dalam teks tersebut adalah ….
A .
dijalankan
B .
projek
C .
ketidak sabaran
D .
jadual
E .
antrian

37.
Cermati teks berikut!

Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa kebanggaan nasional sarana pemersatu berbagai suku bangsa serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah

Penggunaan tanda baca yang tepat untuk teks tersebut adalah ...
A .
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah
B .
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah, dan antarbudaya daerah
C .
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah
D .
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa, serta sarana komunikasi antardaerah dan antarbudaya daerah
E .
Bahasa Indonesia berfungsi sebagai jati diri bangsa, kebanggaan nasional, sarana pemersatu berbagai suku bangsa serta sarana komunikasi antardaerah, dan antarbudaya daerah
38.
Cermati teks berikut!

Rakyat mustinya melek, bisa membedakan mana hoaks, mana fakta. Rakyat semustinya tak lekas percaya dengan berita bohong dan ikut-ikutan menyebarkannya. Rakyat seharusnya ikut aktif dan partisipatif melaporkan berita bohong kepada penegak hukum. Publik musti membuktikan bahwa negara ini menolak pembodohan dan pembunuhan akal sehat. Jika fenomena ini terus dibiarkan, yang dipertaruhkan bukan saja kedamaian sosial, melainkan juga produktivitas dan kemajuan bangsa.

Perbaikan kesalahan penggunaan kata tidak baku dalam teks tersebut adalah ....
A .
produktifitas
B .
penomena
C .
partisipastiv
D .
mesti
E .
aktip

39.
Cermati kalimat berikut!

“Kegiatan kami: ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang.” tutur Kepala Desa Adang Buom - Stefanus Maro.

Perbaikan kesalahan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang.” tutur Kepala Desa Adang Buom - Stefanus Maro
B .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang,” tutur Kepala Desa Adang Buom - Stefanus Maro
C .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang.” tutur Kepala Desa Adang Buom, Stefanus Maro
D .
Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang,” tutur Kepala Desa Adang Buom, Stefanus Maro
E .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang!” tutur Kepala Desa Adang Buom, Stefanus Maro
40.
Cermati kalimat berikut!

“Kegiatan kami: ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang.” tutur Kepala Desa Adang Buom - Stefanus Maro.

Perbaikan kesalahan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang.” tutur Kepala Desa Adang Buom - Stefanus Maro
B .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang,” tutur Kepala Desa Adang Buom - Stefanus Maro
C .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang.” tutur Kepala Desa Adang Buom, Stefanus Maro
D .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang,” tutur Kepala Desa Adang Buom, Stefanus Maro
E .
“Kegiatan kami ke gunung, ke kebun cari kemiri, dan lain-lain menggunakan bahasa Adang!” tutur Kepala Desa Adang Buom, Stefanus Maro

41.
Cermati teks berikut!

Seorang penyelam asing mengunggah video lautan sampah di Nusa Penida, Bali. […] Sampah di Bali pun jadi sorotan media internasional pada hari-hari terakhir ini. Sampah di Bali menjadi sorotan dunia karena daerah itu menjadi tujuan wisata turis mancanegara. Seperti kita ketahui, Pulau Dewata senantiasa bertengger di urutan atas daftar destinasi wisata dunia.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah …
A .
Postingan itu langsung menjadi viral
B .
Penyelam asing itu langsung menjadi bahan pemberitaan
C .
Sampah itu menggangu wisatawan yang tengah berlibur di pantai
D .
Wisatawan menyayangkan banyaknya sampah di tepi pantai
E .
Para wisatawan berusaha mengumpulkan sampah yang berserakan
42.
Cermati kalimat berikut!

Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Perbaikan kalimat tidak efektif tersebut adalah ...
A .
Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan banyak  terima kasih
B .
Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapaksaya ucapkan terima kasih
C .
Atas perhatian dan kebijaksanaannya, saya ucapkan beribu terima kasih 
D .
Atas perhatian dan kebijaksanaan Saudara, saya ucapkan banyak terima kasih
E .
Atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak

43.
Cermati kutipan novel berikut!

Sejak kecil, bahkan sejak aku belum bisa diajak bicara, Ayah sudah suka bercerita. Ia menghabiskan banyak waktu menemaniku, membacakan buku-buku. Ketika halaman buku-buku itu habis, meski sudah membeli buku-buku terbaru dari toko buku dan meminjam seluruh tumpukan buku di perpustakaan, Ayah mulai mencomot begitu saja dongeng dari langit-langit kamar. Ia pendongeng yang hebat. Sepotong benda atau kata bisa berubah menjadi dongeng yang menakjubkan. Entah sejak kapan, Ayah mulai menceritakan masa kecilnya, masa mudanya. Dan aku tidak tahu lagi mana batas dongeng dan cerita nyata atas kisah-kisah itu. (Tere Liye: Ayahku (Bukan) Pembohong)

Ringkasan teks tersebut adalah …
A .
Ayahku suka bercerita tentang masa kecilnya saat ia masih muda sehingga aku tidak tahu mana cerita dan mana kisah 
B .
Sejak aku belum bisa diajak bicara Ayahku suka bercerita tentang dongeng dari buku-buku yang dipinjam di perpustaakan atau buku yang dibelinya di toko buku
C .
Sejak aku kecil Ayah suka bercerita dengan membacakan buku atau menceritakan apa pun termasuk masa kecilnya hingga aku tak tahu lagi mana cerita dongeng atau cerita nyata
D .
Banyak sekali cerita yang disampaikan Ayah sejak aku kecil hingga aku tak tahu lagi mana cerita yang benar-benar terjadi dan cerita yang hanya khayalan
E .
Kegemaran Ayahku adalah bercerita tentang masa kecilku yang suka mendengarkan cerita baik cerita yang dibacakan dari buku ataupun cerita tentang benda-benda di sekitarku
44.
Cermati dua teks anekdot berikut!

Teks 1
Jumlah Kaki Sapi
Suatu hari saat  pelajaran matematika berlangsung di kelas Udin dan Juhro, ibu guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid. Ibu guru bertanya kepada murid bernama Udin: “Berapa jumlah kaki bebek Udin?” “Dua Bu,” jawab Udin dengan tegas. “Bagus, sekarang Juhro! Berapa jumlah kaki sapi?” puji bu guru dan bertanya lagi kepada murid lain yang bernama Juhro. “Delapan Ibu Guru,” jawabnya dengan tegas dan penuh percaya diri. Ibu guru pun sedikit bingung dan menanyakan alasannya pada Juhro
 “Apa alasanmu menjawab seprti itu?” “Coba Ibu hitung kaki sapi, ia memiliki 2 kaki depan, 2 kaki belakang, 2 kaki samping kanan, dan 2 kaki samping kiri. Kan 2+2+2+2=8,” Juhro menerangkan dengan detail. Ibu guru pun menjawab,
 “Sungguh pintar kau Juhro, seperti pejabat saja.”

Teks 2

Guru dan Murid
Suatu hari ketika seorang guru sedang mengajar di sebuah kelas, ia bertanya kepada salah seorang murid yang terkenal cukup bandel di kelasnya “Kamu coba hitung jumlah murid di kelas ini ada berapa?”. “Ada sepuluh orang Pak!” jawab murid tersebut. “Kok sepuluh, coba hitung sekali lagi!“ pinta pak guru. “Ada sepuluh Pak,“ jawab murid itu ngotot. “Kok
sepuluh?” pak guru menjadi bingung.“ Saya tidak tahu angka habis sepuluh Pak.“ “Aduh.., mau jadi apa kamu nanti, hanya mampu berhitung 1 sampai 10 saja, bagaimana masa depanmu nanti, Nak…,” jawab pak guru sedikit iba dan kesal. “Bapak tidak usah khawatir, nanti kalau saya sudah besar saya akan menjadi wasit tinju saja Pak,” jawab murid tersebut sedikit malu.

Perbedaan hal yang disindir pada kedua teks anekdot  tersebut adalah ...
A .
Teks 1: Seorang pejabat hendaknya bersikap jujur.
Teks 2: Seorang wasit dalam memimpin pertandingan hendaknya professional
B .
Teks 1: Seorang pejabat harus bisa memberikan contoh pada bawahannya.
Teks 2: Seorang wasit tidak boleh memihak pada salah satu pemain
C .
Teks 1: Seorang pejabat haruslah orang yang pintar.
Teks 2 : Seorang wasit harus adil dalam memimpin pertandingan
D .
Teks 1: Seorang pejabat yang pandai mempermainkan angka.
Teks 2: Seorang wasit tinju yang menghitung  satu sampai sepuluh untuk batas waktu dalam bertanding
E .
Teks 1: Seorang pejabat hendaknya pandai dalam pelajaran matematika.
Teks 2: Seorang wasit hendaknya menghitung waktu dalam pertandingan tinju tidak hanya sampai sepuluh

45.
Cermati teks prosedur berikut!

Langkah Membuat Komik untuk Pemula
(1)   Tentukan plot atau inti cerita.
(2)   Buat draf dengan pensil untuk tokoh.
(3)   […]
(4)   Detail gambar dibuat berdasarkan outlite.
(5)   Lakukan koreksi untuk melihat kesalahan pada gambar detail.
(6)   […]
(7)   Tambahkan dialog setelah semua gambar selesai terisi.

Langkah prosedur yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah ....
A .
(3) Buatoutlite gambar dari sang tokoh.
(6) Isi gambar dengan warna setelah dialog dibuat.
B .
(3) Gambar tokoh dibuat sesuai keinginan pembuat.

(6)  Isi gambar dengan warna gelap dan terang sesuai detail gambar.
C .
(3) Buat karakter tokoh semirip mungkin.
(6) Isi gambar dengan warna gelap dan terang sesuai detail gambar.
D .

(3) Buat outlite gambar dari sang tokoh
(6) Isi gambar dengan warna gelap dan terang sesuai detail gambar.

E .
(3) Buat outlite gambar dari sang tokoh.
(6) Isi gambar sesuai detail setelah ada dialog.
46.
Cermati teks berikut!

(1) Menjelang tahun ajaran baru biasanya kita disibukkan dengan mempersiapkan buku-buku pelajaran. (2)  Berbagai buku harus dipersiapkan sebelum kita  memulai belajar agar pada saat masuk sekolah semua sudah siap. (3) Berburu buku baru senantiasa manarik perhatian. (4)  Di antara sekian banyak buku baru ada  satu buku yang menarik perhatian. (5)  Buku itu adalah buku sejarah demokrasi yang baru.

Perbaikan kalimat nomor (5) dalam teks tersebut  agar tidak ambigu adalah ....
A .
Buku yang baru itu adalah buku sejarah demokrasi
B .
Buku itu adalah buku tentang demokrasi sejarah yang baru
C .
Buku itu tentang demokrasi yang baru dalam sejarah
D .
Buku itu adalah buku sejarah baru dalam demokrasi 
E .
Buku itu tentang demokrasi yang baru

47.
Cermati teks berikut!

dari awal kemunculan bahasa indonesia, bisa dikatakan bahwa bahasa indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara kesatuan republik indonesia. atas dasar fakta tersebut, disusunlah undang-undang nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan yang merupakan legitimasi kedudukan bahasa indonesia di wilayah nkri yang lebih operasional.

Penggunaan huruf kapital yang tepat untuk teks tersebut adalah …
A .
Dari awal kemunculan bahasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atas dasar fakta tersebut, disusunlah undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan yang merupakan legitimasi kedudukan bahasa Indonesia di wilayah NKRI yang lebih operasional
B .
Dari awal kemunculan bahasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atas dasar fakta tersebut, disusunlah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu kebangsaan yang merupakan legitimasi kedudukan bahasa Indonesia di wilayah NKRI yang lebih operasional
C .
Dari awal kemunculan bahasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atas dasar fakta tersebut, disusunlah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan yang merupakan legitimasi kedudukan bahasa Indonesia di wilayah NKRI yang lebih operasional
D .
Dari awal kemunculan bahasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Atas dasar fakta tersebut, disusunlah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan yang merupakan legitimasi kedudukan bahasa Indonesia di wilayah NKRI yang lebih operasional
E .
Dari awal kemunculan Bahasa Indonesia, bisa dikatakan bahwa Bahasa Indonesia merupakan manifestasi kebudayaan yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa, kesatuan dalam keragaman budaya, dan kesamaan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Atas dasar fakta tersebut, disusunlah Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan yang merupakan legitimasi kedudukan bahasa Indonesia di wilayah NKRI yang lebih operasional
48.
Cermati teks berikut!

(1) Rencananya penggunaan Tol Layang Jakarta—Cikampek  hanya untuk kendaraan golongan I. (2) Kondisi ini memungkinkan kecepatan kendaraan menjadi krusial. (3) Kendaraan kecil cenderung ngebut, apalagi dengan tidak ada truk. (4) Rambu-rambu lalu lintas sering tidak diindahkan pengguna jalan tol. (5) Oleh karena itu, perlu alat pengukur kecepatan disertai tindakan tegas untuk mengantisipasi kecelakaan di ruas tol layang.

Opini penulis dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A .
(4)
B .
(5)
C .
(1)
D .
(2)
E .
(3)

49.
Cermati teks berikut!

Sayang sekali musik film ini dari ujung ke ujung seperti berlomba ‘tampil’ melebihi volume suara pemain; bukan mendukung adegan malah ingin menonjol. […] Musik adalah paduan dari gambar dan dialog, bukan penghapus adegan. Hal lain yang juga mengganggu adalah tata cahaya yang selalu terang benderang seperti pencahayaan drama televisi. Kartini adalah sosok yang cerdas, berani, penuh emosi sekaligus lucu. Tata cahaya dalam film ini tidak mencerminkan atmosfer emosi Kartini maupun para tokoh lainnya karena  kita hampir selalu melihat  cahaya yang terang benderang.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah ...
A .
Sumbang sehingga kurang pas
B .
Tenang yang membawa ketentraman
C .
Melankolis sehingga membuat sedih
D .
Lembut, halus, dan mendayu-dayu
E .
Keras, menyentak, dan mengganggu
50.
Cermati penulisan daftar pustaka berikut!


Adenita. 2008. 9 Matahari. Jakarta; P.T. Grasindo
Lestari, Dewi. 2012, Filosofi Kopi. Yogyakarta; Bentang.
Toer, Pramoedya Ananta. 2010, Larasati, Jakarta; Lentera Dipantara.

Perbaikan penggunaan tanda baca pada daftar pustaka tersebut yang tepat adalah ..
A .
Adenita. 2008. 9 Matahari. Jakarta: PT Grasindo.
Lestari, Dewi. 2012. Filosofi Kopi.
Yogyakarta:Bentang.
Toer, Pramoedya Ananta. 2010.
Larasati. Jakarta: Lentera Dipantara.
B .
Adenita, 2008. 9 Matahari. Jakarta: PT Grasindo.
Lestari, Dewi, 2012. Filosofi Kopi. Yogyakarta: Bentang.
Toer, Pramoedya Ananta, 2010. Larasati. Jakarta: Lentera Dipantara
C .
Adenita. 2008. 9 Matahari. Jakarta; PT Grasindo.
Lestari, Dewi. 2012. Filosofi Kopi. Yogyakarta; Bentang.
Toer, Pramoedya Ananta. 2010. Larasati. Jakarta; Lentera Dipantara
D .
Adenita. 2008. 9 Matahari, Jakarta; PT Grasindo.
Lestari, Dewi. 2012. Filosofi Kopi, Yogyakarta; Bentang.
Toer, Pramoedya Ananta. 2010. Larasati, Jakarta; Lentera Dipantara
E .
Adenita. 2008, 9 Matahari. Jakarta; PT Grasindo.
Lestari, Dewi. 2012, Filosofi Kopi. Yogyakarta; Bentang.
Toer, Pramoedya Ananta. 2010, Larasati. Jakarta; Lentera Dipantara

NB: Jika ingin kunci jawabannya: Silahkan isi koment dan tinggalkan alamat emailnya!

14 comments for "SOAL Try OUT Bahasa Indonesia 2020"

  1. Replies
    1. Pak apakah bisa memberikan jawabannya

      Delete
    2. KUNCI JAWABAN TRY OUT B. INDONESIA 2020

      1.A 11. A 21.B 31. B 41. B
      2. B 12. B 22. C 32. D 42. B
      3. C 13. C 23. D 33. D 43. C
      4. D 14. D 24. C 34. A 44. D
      5. E 15. E 25. A 35. A 45. D
      6. A 16. A 26. A 36. A 46. A
      7. B 17. B 27. C 37. C 47. C
      8. C 18. C 28. D 38. D 48. B
      9. D 19. D 29. C 39. D 49. E
      10. E 20. A 30. A 40. D 50.A

      Delete
  2. Replies
    1. KUNCI JAWABAN TRY OUT B. INDONESIA 2020

      1.A 11. A 21.B 31. B 41. B
      2. B 12. B 22. C 32. D 42. B
      3. C 13. C 23. D 33. D 43. C
      4. D 14. D 24. C 34. A 44. D
      5. E 15. E 25. A 35. A 45. D
      6. A 16. A 26. A 36. A 46. A
      7. B 17. B 27. C 37. C 47. C
      8. C 18. C 28. D 38. D 48. B
      9. D 19. D 29. C 39. D 49. E
      10. E 20. A 30. A 40. D 50.A

      Delete
  3. Replies
    1. KUNCI JAWABAN TRY OUT B. INDONESIA 2020

      1.A 11. A 21.B 31. B 41. B
      2. B 12. B 22. C 32. D 42. B
      3. C 13. C 23. D 33. D 43. C
      4. D 14. D 24. C 34. A 44. D
      5. E 15. E 25. A 35. A 45. D
      6. A 16. A 26. A 36. A 46. A
      7. B 17. B 27. C 37. C 47. C
      8. C 18. C 28. D 38. D 48. B
      9. D 19. D 29. C 39. D 49. E
      10. E 20. A 30. A 40. D 50.A

      Delete
  4. Replies
    1. KUNCI JAWABAN TRY OUT B. INDONESIA 2020

      1.A 11. A 21.B 31. B 41. B
      2. B 12. B 22. C 32. D 42. B
      3. C 13. C 23. D 33. D 43. C
      4. D 14. D 24. C 34. A 44. D
      5. E 15. E 25. A 35. A 45. D
      6. A 16. A 26. A 36. A 46. A
      7. B 17. B 27. C 37. C 47. C
      8. C 18. C 28. D 38. D 48. B
      9. D 19. D 29. C 39. D 49. E
      10. E 20. A 30. A 40. D 50.A

      Delete
  5. pak saya mau jawabannya @cindyeliana02@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. KUNCI JAWABAN TRY OUT B. INDONESIA 2020

      1.A 11. A 21.B 31. B 41. B
      2. B 12. B 22. C 32. D 42. B
      3. C 13. C 23. D 33. D 43. C
      4. D 14. D 24. C 34. A 44. D
      5. E 15. E 25. A 35. A 45. D
      6. A 16. A 26. A 36. A 46. A
      7. B 17. B 27. C 37. C 47. C
      8. C 18. C 28. D 38. D 48. B
      9. D 19. D 29. C 39. D 49. E
      10. E 20. A 30. A 40. D 50.A

      Delete
  6. Terima kasih Min sudah berbagi ilmu soal maupun jawaban, lumayan buat latihan para siswa. Kalau berkenan bisa cek website kampus kami ya https://walisongo.ac.id/

    ReplyDelete