Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

PREDIKSI PAS BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER GANJIL 2022

 

Prediksi SOAL ULANGAN UMUM BERSAMA (UUB)

SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2022-2023

Satuan Pendidikan      : SMK

Kelas/Semester           : XII/5

Mata Pelajaran           : Bahasa Indonesia

Waktu                         : 120 Menit




PILIHAN GANDA

1.     Ccrmati teks berikut!

Banyak kalangan melihat, krisis pangan yang terjadi saat ini, yang ditandai dengan lonjakan harga, disebabkan oleh produksi bermasalah. Perilaku kita bisa mengurangi tekanan krisis. Dua penulis opini harian Kompas merespons peringatan Hari Pangan Sedunia dengan tema ”Jangan Ada yang Ditinggalkan” pada 16 Oktober lalu melalui dua tulisan. Direktur Lembaga Daya Dharma Jakarta dan Ketua Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Jakarta, Adrianus Suyadi, menulis, banyak orang Indonesia membuang makanan. Sisa makanan mendominasi jenis sampah di Indonesia, yakni mencapai hampir 40 persen dari semua jenis sampah seperti data dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup pada 2020. Untuk mengatasi krisis pangan, pada tingkat individu dan keluarga diperlukan perubahan perilaku agar lebih menghargai pangan. Hal sederhana dapat dilakukan, misalnya tak menyisakan makanan, tak membuang sampah makanan, mengurangi konsumsi makanan untuk binatang piaraan, dan lebih untuk sesama yang kekurangan makanan.

Gagasan utama teks teks tersebut adalah . . .

A.      Mayoritas kalangan melihat krisis pangan yang terjadi sekarang karena produksi bermasalah.

B.      Perilaku masyarakat dapat mengurangi lonjakan krisis saat ini.

C.      Sisa makanan mendominasi jenis sampah di Indonesia dan mencapai angka 40 persen.

D.      diperlukan perubahan perilaku masyarakat agar lebih menghargai pangan.

E.       Dua penulis opini harian Kompas merespons peringatan Hari Pangan Sedunia dengan tema ”Jangan Ada yang Ditinggalkan”.


 

2.     Bacalah teks eksplanasi berikut dengan cermat!

Lima tahun kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berakhir. Digitalisasi sejumlah pelayanan terwujud, tinggal memperluas pengguna. Warga Jakarta cukup beruntung karena bisa dengan mudah mengadukan setiap masalah publik yang mereka temui sehari-hari. Sejak beberapa tahun terakhir, Jakarta memiliki sistem Citizen Relation Management atau diberi nama lain Cepat Respons Masyarakat (CRM). Sistem ini dikembangkan Badan Layanan Umum Daerah Jakarta Smart City (JSC) yang sejak 2014 hadir untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi demi memaksimalkan pelayanan publik di Jakarta.

Makna kata publik dalam tersebut adalah . . . .

A.      Khalayak

B.      Kelompok

C.      Regu

D.      Anggota

E.      Individu


 

3.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)    Tema lagu anak-anak zaman dulu lebih bervariasi dan mengandung pesan-pesan pendidikan yang bermanfaat bagi perkembangan mental-psikologis anak jika dibandingkan dengan lagu anak-anak masa kini. (2) Anak-anak zaman dulu telah belajar tentang kebesaran Tuhan (Pelangi), alam sekitar (Lihat Kebunku), kasih sayang (Oh, Ibu dan Ayah), transportasi (Tamasya), dan pendidikan (Lihatlah Kawan) melalui lagu-lagu tersebut. Lagu tersebut mampu mendatangkan kegembiraan juga memperluas wawasan pengetahuan anak-anak. (3) Dibandingkan dengan lagu-lagu lama, lagu anak-anak zaman sekarang kurang memiliki variasi tema. Lagu-lagu tersebut kurang memperhatikan nilai yang ingin ditanamkan pada diri anak dan lebih memperhatikan kebutuhan pasar. (4) temanya bersifat temporer karena mengikuti perubahan selera pasar, tetapi menghadirkan instrumen musik kekinian yang riang. (5) Jadi, Unsur kesamaan yang masih ditemukan dalam kedua kelompok lagu ini, bahwa pencipta lagu masih berusaha menciptakan irama yang gembira dan ritme yang sederhana, seperti kehidupan anak-anak itu sendiri.

Simpulan teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.      (5)


 

4.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

Pesiden Joko Widodo bergerak cepat mewujudkan penggunaan kendaraan listrik secara lebih luas dengan mewajibkan semua pejabat pemerintah pusat dan daerah. Kewajiban penggunaan kendaraan dinas listrik ini tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7/2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Dalam beleid inpres ini dijelaskan bahwa penggunaan kendaraan listrik untuk operasional dinas dan perorangan pejabat pemerintah pusat dan daerah harus dipercepat. Percepatan itu diterapkan secara bertahap sesuai dengan kesiapan ekosistem pendukung industri mobil listrik di Tanah Air.

Tanggapan logis yang sesuai dengan teks tersebut adalah . . .

A.   Produksi mobil listrik harus ditingkatkan di Negara Indonesia untuk menggantikan BBM menjadi listrik

B.   kita berharap upaya pemerintah dalam pengadaan mobil listrik bagi pejabat dapat menunjang kebutuhan dan kinerja intstansi tersebut

C.   Pemerintah daerah menyambut baik penggunaan mobil listrik

D.   Pengadaan mobil listrik ditetapkan dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 7/2022

E.    Perusahaan mobil listrik dalam negeri didukung penuh oleh presiden Joko Widodo


 

5.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

Prestasi internasional terbaru, Dzaky Rafiansyah, siswa SMA Semesta berhasil meraih medali perak di ajang IOAA 2022 yang diselenggarakan pada 14-22 Agustus 2022 di Kutaisi, Georgia. Pelaksanaan IOAA tahun ini diselenggarakan secara hibrid dan diikuti 246 siswa dari 48 negara. Terdapat 6 negara yang berpartisipasi secara daring yaitu Paraguay, Ekuador, Uni Emirat Arab, China, Filipina, dan Indonesia. Dzaky Rafiansyah dari SMA Semesta merupakan salah satu anggota tim yang lolos mewakili Indonesia.

 

Kalimat lanjutan yang koheren  untuk membentuk  paragraf  yang baik adalah …

A.      Kesembilan medali tersebut meliputi; dua medali emas, dua perak, dan lima perunggu.

B.      Seluruh peserta tampil memukau dalam perhelatan akbar tersebut, tidak terkecuali perwakilan dari Malaysia

C.      IOAA membudayakan astronomi dan membina persahabatan antar astronom muda di tingkat internasional.

D.      Prestasi yang diraih Dzaki Rafiansyah sekaligus menambah prestasi SMA Semesta sebagai penyumbang Piala Internasional bagi Indonesia.

E.      Enam negara tersebut saling berkompetisi dalam IOAA yang diselenggarakan di Georgia.


 

6.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

Abdul Chaer merupakan seorang ahli bahasa dan penulis yang telah banyak menghasilkan karya berupa buku, baik kamus maupun pengantar lain terkait dengan kebahasaan. Cara penulisannya yang sederhana membuat buku-bukunya acap kali dijadikan pegangan bagi mahasiswa yang memilih program studi (prodi) Bahasa Indonesia, terutama sebagai referensi dalam penelitian kebahasaan. Abdul Chaer yang lahir di Jakarta pada 8 November 1940 tersebut memperoleh gelar sarjana pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta pada 1969. Selanjutnya, dia mengikuti program post graduate study di bidang Lingustik pada 1976--1977 di Rijksuniversiteit, Leiden, Belanda.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan di atas adalah ...

A.      Gaya penulisan Abdul Chaer yang sederhana membuat buku-bukunya sering dijadikan buku pegangan atau referensi mahasiswa.

B.      Abdul Chaer lahir di Jakarta pada 8 November 1940 dan memperoleh gelar sarjana pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta pada 1969.

C.      Abdul Chaer mengikuti program post graduate study di bidang Lingustik pada 1976-1977 di Rijksuniversiteit, Leiden, Belanda.Pramoedya Ananta Toer tetap optimis dan tetap menghasilkan karya walau mendapat perlakuan negatif dari bangsanya sendiri.

D.      Abdul Chaer menjadi pengajar di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta yang kini menjadi Universitas Negeri Jakarta.

E.      Abdul Chaer adalah seorang ahli bahasa dan penulis yang berkait dengan kebahasaan.


 

7.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)        Membahas mengenai media sosial, salah satu media sosial yang sedang menjadi tren saat ini adalah TikTok. (2) TikTok juga dikenal sebagai Douyin di China, yang secara harfiah berarti ‘Teknik musik pendek’. (3) Mayoritas pengguna aktif aplikasi TikTok adalah remaja berumur dibawah 18 tahun dan mereka adalah kalangan yang mudah dipengaruhi oleh kekuatan media massa. (4) Mereka seringkali tidak menyaring terlebih dahulu pesan-pesan yang disampaikan oleh media, sehingga efek yang disampaikan oleh media semakin kuat. (5) Hal itulah yang menyebabkan fenomena Tik Tok dan para penggunanya dicap negatif oleh masyarakat.

Kalimat yang menyatakan hubungan sebab-akibat terdapat pada nomor ....

A.      (1) dan (2)

B.      (2) dan (3)

C.      (1) dan (3)

D.      (2) dan (4)

E.      (4) dan (5)


 

8.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)  Buah jambu batu dan jeruk merupakan dua buah pengsuplai vitamin C yang potensial bagi tubuh manusia. (2) Kedua jenis buah ini sama-sama mengandung vitamin C yang cukup. (3) Meskipun sama-sama memiliki kandungan vitamin C, jambu batu memiliki kandungan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. (4) Jika berbicara soal rasa, buah jeruk lebih banyak digemari karena rasanya yang manis. (5) Namun, tidak semua jenis jeruk yang memiliki rasa yang manis. (6) Sama halnya dengan jambu, tidak semua jenis jambu batu memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. (7) Meskipun begitu buah jambu dan jeruk sama-sama baik buat tubuh.

Kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan terdapat pada nomor ....

A.    (1) dan (2)

B.    (2) dan (6)

C.    (1) dan (3)

D.    (3) dan (4)

E.     (4) dan (7)


 

9.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

Sepak bola memiliki sejarah panjang. Sepak bola modern muncul di Inggris pada pertengahan abad ke-19. Namun, versi lain dari permainan ini sudah ada jauh lebih awal. Hal ini pun turut dianggap sebagai bagian dari sejarah sepak bola. Salah satu versi lain dari permainan sepak bola sudah ada pada 3.000 tahun yang lalu. Kala itu permainan tim yang melibatkan bola turut dilakukan. Hal itu terjadi tepatmya dalam budaya Mesoamerika kuno oleh suku Aztec yang disebut Tchatali. Pertandingan bola versi ini sendiri dilakukan dalam beberapa acara ritual. Bola dilambangkan sebagai matahari dan kapten tim yang kalah akan dikorbankan untuk para dewa. Hal unik dari permainan bola versi Mesoamerika adalah bola memantul yang terbuat dari karet. Permainan bola pertama yang juga melibatkan tendangan terdapat di China pada abad ke-3 dan ke-2 SM dengan nama cuju. Cuju dimainkan dengan bola bundar di atas bidang persegi.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks di atas adalah …

A.      Dalam budaya Mesoamerika Bola dilambangkan sebagai matahari.

B.      Sepak bola modern muncul di Inggris pada pertengahan abad ke-19.

C.      Versi lain dari permainan sepak bola sudah ada pada 3.000 tahun yang lalu.

D.      Permainan bola pertama yang juga melibatkan tendangan terdapat di China dengan nama Tchatali.

E.      Dalam budaya Mesoamerika kapten tim yang kalah akan dikorbankan untuk para dewa.


 

10.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Usahanya siang malam belajar dan membuat percobaan mengenai alat sederhana untuk dapat mengelola limbah pabrik, akhirnya berhasil …. Joko tidak sia-sia.

Makna ungkapan yang dicetak tebal pada kalimat di atas adalah ....

A.      Keras kepala

B.      Kepala batu

C.      Ringan tangan

D.      kerja keras

E.      bermuka dua


 

11.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)  Penyidikan dan pencarian fakta tragedi kelam di Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 132 orang telah berlangsung beberapa lama. (2) Sudah ditetapkan sejumlah tersangka dari aparat kepolisian di lapangan, panitia penyelenggara hingga managemen PT LIB sebagai penanggung jawab pertandingan. (3) Dua pejabat Polri yakni Kapolres Malang dan Kapolda Jatim dicopot dan diganti pejabat baru dengan harapan bisa mempermudah penyidikan kasus yang mendapat perhatian luas dunia internasional ini. (4) Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang diketuai Menkopolkam Mohammad Mahfud MD juga terus bekerja maraton untuk mengurai masalah satu persatu hingga menjadi terang benderang seperti harapan Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke lokasi Stadion Kanjuruhan. (5) Kita hanya bisa berharap permasalahan ini dapat segera terselesaikan.

Opini dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor . . . .

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.       (5)


 

12.  Bacalah kalimat berikut dengan cermat!

(1)  Di tengah ancaman krisis akibat penyebaran Covid-19, Gubernur meluncurkan program “we Love Bali” Movement.

(2)  Langkah cepat telah diambil Gubernur Bali, Wayan Koster.

(3)  Sasarannya agar ekonomi Bali tidak terpuruk semakin dalam.

(4)   Program ini diharapkan mampu menggerakan ekonomi Bali secara simultan.

(5)  Tentu Langkah ini perlu didukung seluruh pihak terkait.

Kalimat tersebut akan menjadi paragraf yang padu jika disusun dengan urutan....

A.      2, 1, 4, 3, 5

B.      1, 2, 3, 4, 5

C.      3, 4, 1, 5, 2

D.      1, 5, 4, 3, 2

E.      1, 5, 4, 2, 3


 

13.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Masyarakat desa Sukamaju belum mengenal dokter muda itu.

Kalimat berikut yang memiliki pola sama dengan kalimat di atas adalah ...

A.      Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju

B.      Belum dikenal oleh masyarakat desa Sukamaju dokter muda itu

C.      Dokter muda itu oleh masyarakat Sukamaju belum dikenal

D.      Dokter muda itu belum dikenal oleh masyarakat sejak lama

E.      Oleh masyarakat desa Sukamaju dokter itu dikenal sejak muda


 

14.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Batuk sebetulnya bukan penyakit refleks, karena mengalami rangsangan udara yang berpolusi, asap pabrik, asap rokok, bau-bauan, gas yang merangsang atau kekurangan udara. Batuk juga dapat terjadi karena saluran pernapasan atau paru-paru terkena infeksi kuman-kuman tertentu. Udara dingin atau lembab dapat juga membuat orang batuk atau bersin. Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.

Ringkasan teks tersebut yang tepat adalah ...

A.      Penyakit batuk dikarenakan rangsangan udara yang tidak berpolusi, asap rokok, gas yang merangsang atau kekurangan udara terinfeksi, maka barus diobati dengan ekspektoran.

B.      Pengaruh batuk itu terjadi karena asap pabrik, gas asap rokok, udara yang berpolusi, sehingga saluran paru-paru terinfeksi. Untuk mengobati penyakit tersebut dapat dibeli di pasar bebas.

C.      Batuk terjadi karena polusi udara, asap pabrik, rokok, bau-bauan, gas, kekurangan udara saluran pernapasan. Batuk dapat diobati dengan ekspektoran.

D.      Terjadinya penyakit batuk karena polusi udara, asap pabrik, bau-bauan, kekurangan udara. Namun, semua dapat diobati dengan obat-obat altematif yang dijual di pasaran bebas.

E.      Obat batuk yang dijual di pasaran bebas umumnya terdiri atas obat atau campuran obat yang mengandung bahan yang dapat mengeluarkan lendir atau riak agar saluran pernapasan bersih dari gangguan atau rangsangan penyebab batuk itu, Obat batuk jenis ini disebut ekspektoran.


15.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Zahra menggeliat gelisah, la tidak bisa tidur padahal jam sudah menunjukan pukul dua dini hari. (2) Ruang tengah masih terang menandakan Aira, adiknya masih minta digendong Ibu. (3) Aira demam dan Ibu sudah memberinya obat. (4) Tadi pagi demamnya sudah turun, tetapi sore naik lagi. (5) Bahkan, muncul bentol-bentol merah di tangan dan kakinya. (6) Aira juga tidak mau makan dan mulutnya ada bintik-bintik merah seperti sariawan.

Bukti latar waktu ditujukkan oleh kalimat nomor….

A.    (1) dan (3)

B.    (1) dan (4)

C.    (2) dan (5)

D.    (4) dan (5)

E.    (3) dan (6)


16. Bacalah kutipan cerpen berikut dengan cermat!

Wanita itu adalah tulang rusukku, maka ia harus kujaga. Tak akan kubiarkan satupun orang menyakitinya. Terlebih kau yang merupakan parasit didalam hidupnya, yang hanya menuntut tanpa ada usaha untuk membuatnya bahagia. Kau sudah kalah kawan, jadi menyerah saja. Biarkan ia bahagia bersamaku. Teriakku dalam batin. Ya, hanya dalam hati. Mana mungkin sanggup aku ungkapkan dihadapan orang yang pernah menyelamatkan nyawaku.

Majas yang dominan dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

A.      Hiperbola

B.      Personifikasi

C.      Metafora

D.      Litotes

E.      Alegori


 

17.  Bacalah kutipan cerpen berikut dengan seksama!

(1)    Aku mengucapkan salam saat memasuki rumah, kemudian menghampiri ayah yang sedang menyeruput teh manis.

(2)    Aku mencium tangan kanannya, tentu saja simbol bakti ke orang tua yang mulai dilupakan anak remaja kebanyakan.

(3)    Aku turut senang mendengarnya, Indonesia akhirnya dapat meraih piala kembali setelah 19 tahun atlet bulu tangkis terbaiknya berjuang mengharumkan nama bangsa.

(4)    Hari ini kulihat wajah ayah tak lepas senyum. “Kok ceria sekali, Yah?” tanyaku.

(5)    “Indonesia menang Thomas Cup!” Kata Ayah dengan semangat.

Urutkan pokok-pokok peristiwa dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....

A.      1.2.3.4.5

B.      1,2,4,5,3

C.      4,1,2,5,3

D.      4,5,3,2,1

E.      2,3,5,1,4


 

18.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Rintik hujan mulai membasahi taman kota membuat semua orang yang duduk santai menikmati malam dengan menyaksikan air mancur memilih pergi, tetapi ada juga yang berteduh mengamankan dirinya dari basah kuyup bila sewaktu-waktu hujan menjadi lebat. Begitu juga denganku yang memilih berteduh di warung makan yang ada di sebarang jalan karena tak ingin koran daganganku menjadi rusak bila dipaksakan berjualan.

“Permisi Bu, numpang sebentar,” sapaku pada pemilik warung yang membuang sampah.

“Masuk ke dalam saja, kalau diteras kamu akan basah,” suruhnya

“Terima kasih Bu,” jawabku dan akupun masuk ke dalam warung dan duduk.

Hubungan antarunsur instrinsik yang terdapat pada cerpen di atas adalah….

A.  alur dan latar

B.   latar dan penokohan

C.   amanat dan latar

D.   tema dan amanat

E.   penokohan dan amanat.


19.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

“Mau bagaimana negeri ini ke depannya kalau tidak ada yang meneruskan jasa-jasa Pahlawan kita terdahulu?” kata Pak Baban. Lalu, ia melanjutkan. “Jika kalian tidak cinta terhadap Indonesia, tidak menghargai Para Pejuang, maka kalian tidak memiliki sikap patriotisme! Mau bagaimana jika kita dijajah lagi? Apa kalian akan seperti ini?” Pak Baban menggeleng-gelengkan kepalanya tidak percaya. “Asal kalian tahu, melaksanakan upacara bendera dengan khidmat dan sempurna itu merupakan salah satu pembuktian kalian bahwa kalian cinta Indonesia!” Semua bungkam, Ira dan Gina yang sepuluh menit lalu masih berisik dengan seribu satu kata pun ikut bungkam.

Penyebab konflik pada kutipan di atas adalah...

A.  Pak Baban adalah guru yang pemarah

B.  Ira dan Gina yang berbisik-bisik

C.  siswa yang tidak Khidmat saat upacara

D.  Ira dan Gina tidak mengikuti Upacara

E.  Pak Baban mengajarkan nilai patriotism


20.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Film Negeri 5 Menara yang diadaptasi dari novel ini, mampu mengajak penonton hanyut dalam dunia pesantren, mengetahui bagaimana kehidupan di pesantren yang sesunnguhnya dan dapat mengambil pelajaran bahwa, jangan pernah takut untuk bermimpi dalam meraih cita-cita dan rasa patuh pada orang tua serta jangan pernah meremehkan sebuah mimpi setinggi apapun itu, karena usaha dan doa tak kan pernah menghianati hasil. Namun, Konflik yang di tampilkan kurang klimaks sehinnga terasa datar, dan beberapa bahasa arab tidak di terjemahkan sehingga penonton kurang memahami maksud percakapan.

Kelemahan film dalam resensi tersebut adalah ...

A.      Film Negeri 5 Menara mampu mengajak penonton hanyut dalam dunia pesantren.

B.      Konflik yang di tampilkan kurang klimaks sehinnga terasa datar.

C.      Pengajaran agar patuh terhadap orang tua disampaikan melalui film ini.

D.      Alur cerita berisi menginspirasi seseorang untuk tidak meremehkan mimpi dan cita-cita.

E.      Film ini cocok untuk para remaja ataupun dewasa yang senang menonton film drama.


21.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)  Aku mencari karet gelang yang biasa dibuang orang setelah membuka bungkus makanan.

(2)  dengan sigap aku mengambil sepatu itu dan berlari mengejar kereta, tetapi usahaku sia-sia karena kereta mulai melaju cepat.

(3)  Ketika mencari karet yang nantinya akan digunakan untuk memperbaiki sandalku, mataku tertuju kepada seorang anak lelaki seusiaku yg terlihat berlari tergesa-gesa digandeng ayahnya menuju kereta yang akan berangkat.

(4)  Sandal Jepit usang ini putus untuk kesekian kalinya, sandal yang sudah tidak layak pakai.

(5)  Tiba-tiba sepatu anak itu terlepas dari kaki kanannya, ia ingin mengambilnya namun sang ayah tak ingin ketinggalan kereta terakhir hari ini.

(6) dari kereta aku melihat anak itu melempar sepatunya yang sebelah lagi ke arahku.

(7) aku memeluk sepasang sepatu yang nampak masih baru itu, kemudian tersenyum kearah anak itu.

Urutan yang tepat kalimat-kalimat teks cerpen tersebut adalah....

A.      (4), (3), (1), (5), (2), (6), (7)                   

B.      (4), (3), (1), (2), (5), (6), (7)       

C.      (4), (1), (3), (5), (2), (6), (7)

D.      (4), (2), (1), (3), (5), (6), (7)   

E.      (4), (1), (2), (3), (5), (6), (7)


22.  Bacalah teks pantun berikut dengan cermat!

Menyusuri sungai mencari ikan

……………………………………

Nasib Negeri siapa yang kendalikan?

Pemuda masa depanlah pemegang kendali itu

Kalimat yang tepat untuk mengisi bagian pantun yang rumpang adalah ...

A.      Jangan lupa menangkap udang

B.      Jangan dipancing jika gerhana

C.      Jangan lupa siapkan jala

D.      Ikan dipancing gunakan kail

E.      Ikan sembunyi dibalik batu


23.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Puluhan hektar tanaman padi yang telah menguning habis dilalap banjir. Puluhan ribu tanaman cabe yang mulai dipetik petani tidak bisa juga terhindar dari ancaman bencana ini, meski [...] tanaman cabe sedikit lebih tinggi daripada tanaman padi. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air akibat banjir.

Kata yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang dalam teks tersebut adalah ....

A.      Daerah

B.      Area

C.      Perkebunan

D.      Tempat

E.      Lokasi


24.  Bacalah tabel berikut dengan cermat!

TABEL LAPORAN BACAAN SISWA SMK GUNA BANGSA

TAHUN PELAJARAN 2022-2023

KELAS

JENIS BACAAN

FIKSI (ORANG)

NONFIKSI (ORANG)

X

210

67

XI

282

125

XII

301

196

 

 

 

 

Simpulan yang sesuai dengan tabel tersebut adalah…

A.      Minat siswa kelas X SMK Guna Bangsa terhadap buku fiksi sangat besar

B.      Minat siswa kelas XI SMK Guna Bangsa pada buku non fiksi berjumlah 125 orang

C.      Siswa SMK Guna Bangsa lebih minat membaca buku fiksi dari pada nonfiksi

D.      Jumlah siswa kelas XII yang menyukai buku fiksi adalah 196 orang

E.      Kelas XII yang menyukai buku fiksi lebih sedikit dibandingkan dengan kelas XI


 

25.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Lonjakan kasus positif Covid-19 menjadi bukti …… virus masih bermutasi dan bersirkulasi.  …… pandemi sudah menuju endemi, kita masih perlu waspada.

Penggunaan kata penghubung tepat untuk melengkapi paragraf yang rumpang tersebut adalah…

A.      agar, dan

B.      atau, jika

C.      jika, namun

D.      bahkan, bahwa

E.      bahwa, meskipun


26.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Keketuaan G20 merupakan peluang bagi Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinannya didunia. (2) Konferensi Tingkat Tinggi G20 akan digelar di Bali dalam waktu dekat, yaitu pada 15 s/d 16 November 2022. (3) Mata dunia akan tertuju ke sana dan berharap KTT ini sukses. (4) Media internasional dan nasional yang telah mendaftar untuk meliput perhelatan G20, hingga pekan lalu, setidaknya sudah tercatat 468 media. (5) Ada 1.465 jurnalis internasional dan 363 jurnalis nasional akan hadir di Bali dan 81 jurnalis yang akan mengikuti secara virtual.

Kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut adalah nomor ….

A.        (1) dan (2)          

B.        (2) dan (3)          

C.        (3) dan (4)          

D.        (4) dan (5)

E.        (1) dan (5)


27.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)    Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. (2) Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. (3) sebagian anak sangat menyukai yoghurt. (4) Produksi modern saat ini didominasi susu sapi. (5) Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yoghurt

Kalimat sumbang pada paragraf di atas ditandai dengan nomor....

A.  (1)

B.  (2)

C.  (3)

D.  (4)

E.   (5)


 

28.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud pada tahun 2021. (2) SMK PK sendiri diketahui merupakan kelanjutan dari program sebelumnya, yakni SMK Center of Excellence (CoE) dan Revitalisasi SMK. (3) Program SMK PK lahir sebagai upaya pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kwalitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kwalitas dan kinerja SMK lainnya. (4) Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. (5) Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria.

Kata tidak baku pada kalimat diatas ditandai dengan nomor…

A.    (1)

B.    (2)

C.    (3)

D.    (4)

E.     (5)


 

29.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Seringkali menyontek dianggap sebagai tindakan yang benar oleh sebagian siswa, karena nilai yang tinggi akan lebih dihargai dibanding kejujuran. Orang tua akan marah jika nilai anaknya buruk, meski nilai itu didapatkan secara jujur. Sebaliknya, orang tua akan bahagia jika nilai anaknya bagus, meski didapat dari hasil menyontek. Maka selain faktor sistem pendidikan, pola pikir bangsa ini juga perlu dikoreksi.

Penggunaan kata bentukan yang tidak tepat terdapat pada kata

A.      pendidikan

B.      kejujuran

C.      dibanding

D.      dihargai

E.      menyontek


 

30.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri.

Menggunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.

Ringkasan teks tersebut adalah...

A.      Masker membuat kulit wajah berseri.

B.      Fungsi masker dan penggunaannya.

C.      Gunakan masker sesuai dengan kulit.

D.      Masker lumpur mengurangi lemak.

E.      Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah


31.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

GelaranIndo Defence 2022 Expo & Forum yang baru saja berakhir mencatatkan perkembangan membanggakan industri pertahanan Tanah Air. (2) Ini diindikasikan dari banyaknya industri pertahanan domestik yang berpartisipasi. (3) Di sisi lain, event tersebut menunjukkan komitmen kongkret pemerintah Indonesia untuk memperkuat taring militernya dengan mengakusisi alutsista dari pesawat hingga rudal, dan memodernisasi alutsista yang sudah dianggap tua agar bisa mengikuti tantangan jaman. (4) Yang patut mendapat catatan adalah, sehebat apapun kapasitas dan semaju apapun inovasi yang dilakukan anak bangsa, dukungan pemerintah tetap faktor terpenting

Kalimat berisi opini dalam teks tersebut ditandai dengan nomor ….

A.      (1) dan (2)                                   

B.      (2) dan (3)                                   

C.      (3) dan (4)

D.      (1) dan (4)

E.      (1) dan (3)


 

32.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)       Begitu anak menunjukkan gejala sakit, orangtua sebaiknya segera membawa anak pada fasilitas kesehatan terdekat. (2) Jangan mengobati sendiri, apalagi membeli obat bebas secara daring, karena kita tidak paham apa kandungannya. (3) Barangkali alam memang sedang membangun keseimbangan baru, atau mungkin kita yang sering tidak peduli, sehingga penyakit terus datang silih berganti. (4) Hari-hari ini kita dikejutkan lagi dengan kabar yang memprihatinkan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), hingga 14 Oktober 2022 terdapat 152 anak terkena gagal ginjal akut progresif atipikal. (5) Kejadian pada anak usia 0-18 tahun ini dilaporkan anggota IDAI di 16 provinsi.

Opini penulis dalam teks tersebut terdapat pada kalimat nomor …

A.    (1)

B.    (2)

C.    (3)

D.    (4)

E.     (5)


 

33.  Bacalah pengumuman berikut dengan cermat!

                                     PENGUMUMAN

                                    Nomor: B/588/2021

PT Zafran Advertising membuka kesempatan berkarir untuk staff Digital media Marketing. Dengan ketentuan:

1.     Usia maksimal 30 tahun

2.     Berpengalaman dibidang Digital Media Marketing minimal selama 2 tahun

3.     Pendidikan tidak diutamakan

Kirimkan data diri secara online dengan menghubungi website kami di www.zafranadvertising.com

Kalimat pembuka surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan iklan tersebut adalah…

A.      Saya berminat terhadap pengumuman PT Zafran Advertising Nomor: B/588/2021, maka saya mengirimkan lamaran ke perusahaan Bapak sebagai staff Digital Media Marketing.

B.      Menindaklanjuti pengumuman PT Zafran Advertising Nomor: B/588/2021, mohon kiranya saya diperkenankan untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai staff Digital Media Marketing.

C.      Sesuai dengan pengumuman PT Zafran Advertising Nomor: B/588/2021, dengan ini saya mengajukan lamaran sebagai staff Digital Media Marketing.

D.      Setelah membaca Pengumuman PT Zafran Advertising Nomor: B/588/2021, saya berminat mengajukan lamaran sebagai staff Digital Media Marketing.

E.      Berdasarkan Pengumuman PT Zafran Advertising Nomor: B/588/2021, dengan ini saya mengajukan lamaran sebagai staff Digital Media Marketing.


34.  Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1)Besar harapan saya dapat bergabung diperusahaan yang Bapak pimpin. (2) Saya bersedia memenuhi panggilan untuk sesi wawancara, (3)agar supaya saya dapat memaparkan kompetensi yang saya miliki secara langsung. (4)Atas  perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.

                                                                                                                            (5)Hormat saya,

Bagian surat yang terdapat kalimat tidak efektif ditandai dengan nomor.....

A.      1 dan 3

B.      1 dan 2

C.      2 dan 4

D.      3 dan 4

E.      4 dan 5


35.  Cermati penulisan alamat surat berikut!

Yth : Bapak Kepala HRD PT Mega Bintang Sejahtera

Jln. Keharmonisan IV No. 22

Jakarta

Perbaikan penulisan alamat surat yang tepat adalah…

A.     Yth. Bapak Kepala HRD PT Mega Bintang Sejahtera

Jalan Keharmonisan IV

Jakarta

B.     Yth. HRD PT Mega Bintang Sejahtera

Jln. Keharmonisan IV

Jakarta

C.     Yth. Bpk Kepala HRD PT Mega Bintang Sejahtera

Jalan Keharmonisan IV

Jakarta

D.     Yth. Kepala HRD PT Mega Bintang Sejahtera

Jalan Keharmonisan IV

Jakarta

E.      Yth: Kepala HRD PT Mega Bintang Sejahtera

Jalan Keharmonisan IV

                 Jakarta


36.  Cermati pembuka surat lamaran pekerjaan berikut!

Dengan hormat,

Setelah membaca iklan (2) penawaran lowongan pekerjaan dari PT Tangguh Sejahtera Abadi (3)di Harian Kompas Tanggal 7 Desember 2022. (4) Bersama surat ini, Saya bermaksud mengajukan diri untuk bergabung dengan (5) PT Tangguh Sejahtera Abadi sebagai staf Produksi.

Penggunaan huruf kapital yang tidak tepat ditandai dengan nomor...

A.      (1)

B.      (2)

C.      (3)

D.      (4)

E.      (5)


 

37.  Bacalah teks prosedur berikut dengan cermat!

Langkah-langkah membuat konten di Youtube

1)      Tentukan tema konten

2)      Siapkan unsur-unsur Pra produksi

3)      Siapkan peralatan dalam membuat konten

4)      Mulailah memproduksi konten/perekaman video

5)      Proses pengeditan video

6)      Unggah video ke youtube

7)      Bagikan dan promosikan kontenmu

Urutan yang sesuai untuk Langkah-langkah membuat Boba adalah….

A.      1-3-2-4-5-6-7

B.      1-4-3-2-5-6-7

C.      3-1-2-4-6-5-7

D.      3-1-2-4-5-6-7

E.      3-2-1-4-6-5-7


 

38.  Bacalah penggalan proposal berikut dengan cermat!

Manfaat penelitian biomassa bagi penulis, yaitu dapat menambah wawasan bagi peneliti dan dapat dijadikan sebagai pedoman untuk menghadapi masalah bahan bakar yang saat ini sedang dalam kondisi mengkhawatirkan.

Bagi masyarakat, dapat dijadikan sebagai penyedia energi listrik terbarukan yang ramah lingkungan, dapat menyediakan energi alternatif yang mandiri dan tidak tergantung pada energi fosil, serta dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam bidang energi alternatif untuk daerah yang tertinggal agar lebih maju dan sejahtera.

Sinonim kata  adalah...

A.      Pilihan

B.      Peningkatan

C.      kemampuan

D.      Perloncatan

E.      Keunggulan


 

39.  Bacalah penggalan proposal berikut dengan cermat!

Atas dasar itu, kami mengadakan kegiatan Bursa Kerja Tahun 2022, untuk memudahkan sekolah dalam penyerapan tenaga kerja ke dunia kerja yang membutuhkan tentunya berdasarkan skill yang telah didapatkan pada jenjang pendidikan menengah kejuruan di SMK Hang Tuah 1 Jakarta.

Penggalan proposal kegiatan di atas merupakan bagian dari…

A.      latar belakang

B.      tujuan

C.      penutup

D.      sistematika

E.      rumusan masalah


 

40.  Bacalah kalimat iklan berikut!

“Salep Kulit 99 menghilangkan kulit Gatal”

Perbaikan kaimat iklan tersebut yang tepat adalah

A.      Salep Kulit 99 hilangkan kulit gatal.

B.      Kulit anda gatal? Hilangkan dengan Salep Kulit 99

C.      Gatal pada kulit, hilangkan dengan Salep Kulit 99

D.      Hilangkan kulit gatal Anda dengan Salep Kulit 99

E.      Kulit gatal tak perlu pusing, Hilangkan dengan Salep Kulit 99


 

 

 

 

 

 

URAIAN

1.     Perhatian iklan lowongan pekerjaan berikut!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

2.     Cermati kalimat berikut!

(1)    Nadiem memiliki latar belakang suku yang beragam.

(2)    Dari ayahnya ia me rupakan keturunan Arab-Minang, sedangkan dari ibunya campuran Arab-Jawa-Madura.

(3)    Nadiem Anwar Makarim adalah seorang pengusaha berkebangsaan Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Ma'ruf Amin, yang dilantik pada 23 Oktober 2019.

(4)    Pendiri Gojek tersebut adalah putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri.

(5)    Ia merupakan pendiri Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring yang beroperasi di Indonesia dan sejumlah negara Asia Tenggara seperti Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Susunlah kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf yang padu!


3.     Bacalah teks berikut dengan cermat!

Pengelolaan sampah masih menjadi persoalan serius di Kota Magelang. Langkah-langkah sederhana untuk mengurangi volume sampah sangat diperlukan. ………….  Pasar Kebonpolo berupaya setiap hari mengolah sampah dari para pedagang menjadi bermacam pupuk dan insektisida. Selain untuk meningkatkan kebersihan pasar, pengolahan sampah di pasar itu ditujukan agar sampah dapat dimanfaatkan kembali sehingga menjadi komoditas yang bermanfaat.

Tuliskan kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf riumpang tersebut!


 

4.     Cermati data buku ini !

Judul Buku      : Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK

Pengarang       : E. Kosasih

Tahun              : 2014

Penerbit          : Yrama Widya

Kota                : Jakarta

Tulislah daftar pustaka data buku tersebut dengan susunan penulisan yang benar!


 

5.     Cermati penulisan judul karangan di bawah ini

penerapan nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Tulislah judul tersebut dengan ejaan yang benar!


 

Post a Comment for "PREDIKSI PAS BAHASA INDONESIA KELAS XII SEMESTER GANJIL 2022"